}
Europe on Screen: Film Eropa di Enam Kota
Film

Europe on Screen: Film Eropa di Enam Kota

by Yogira
Tue, 24-Apr-2018

Ketika film-film Hollywood terus ‘membanjiri’ layar sinema di Indonesia, film-film Eropa memberikan atmosir berbeda untuk pencinta film melalui ajang Europe on Screen [EoS].

Festival film Internasional terlama di Indonesia ini kembali hadir tahun ini dengan menayangkan puluhan film Eropa terpilih pada 3-12 Mei 2018. Adapun pemutarannya di enam kota besar, yakni: Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Surabaya, dan Yogyakarta.

Menurut Nauval Yazid [EoS Festival Co-Director], selain untuk memperingati ulangtahun sutradara legendaris, Ingmar Bergman, yang ke-100, Eos menayangkan 93 film Eropa, termasuk 3 film klasik karya Ingmar, yakni: Autumn Sonata, The Seventh Seas, dan Wild Strawberry.

“Akan ada pameran juga mengenai perjalanan hidup Ingmar Bergman dan kontribusinya di dunia seni. Pameran ini diadakan di Goethe Haus selama festival berlangsung,” kata Nauval.

Sebanyak 93 film Eropa pilihan di Eos akan ditayangkan di sejumlah pusat kebudayaan, antara lain: Goethe Institute, Erasmus Huis, Institut Francais Indonesie, Istito Italiano di Cultura, dan Universitas Multimedia Nusantara. Sebagian film akan diputar juga di komunitas dan mall.

Tak hanya screening film, EoS pun menggelar program Short Film Pitch Project, yakni semacam lomba produksi film pendek, yang rata-rata pesertanya adalah pelajar/mahasiswa. Program lainnya adalah #OurOcean, yaitu program pemutaran film documenter tentang kelautan.

“Kami berharap program ini akan meningkatkan kesadaran akan dampak dari pilihan hidup kita terhadap paru-paru dunia,” kata Vincent Guerend, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia.

Program lainnya yang menarik adalah acara Film Talk: The Art of Subtitling, yang diadakan di Universitas Multimedia Nusantara [7 Mei 2018]. Pakar-pakar subtitling akan jadi narasumbernya.

Untuk film asing, alih bahasa memegang peran pentin untuk meraih penonton yang lebih luas. Program ini baru pertama kali diadakan di Indonesia. Kami mengundang ahli subtitle dari Prancis, Indonesia, serta periset yang telah membuat film dokumenter mengenai subitle dari Inggris.

Usai acara konferensi pers EoS di Auditorium Institut Français d'Indonésie [IFI], Jakarta [19/4], penyelenggara EoS memutar film drama komedi berjudul Rock’n Roll, yang disutradarai Guillaume Canet, dan aktrisnya Marion Cotillard.

Nah, kalian ingin menonton film Eropa lainnya, silakan catat acara EoS di 6 kota. Jakarta [3-12 Mei], Bandung [6-8 Mei], Medan [3-6, 10-12 Mei], Denpasar [8-12 Mei], Surabaya [8-9 Mei], dan Yogyakarta [4-8 Mei]. Semua tayangan film gratis nih.

Informasi lebih lanjut bisa dicek di europeonscreen.com atau di akun media sosialnya, Facebook, Instagram, dan Twitter @europeonscreen. [][teks yogirudiat | PR |  foto @ yogirudiat, Les Productions du Tresor]