}
Avengers, Infinity War: Thanos Ancam Semesta
Film

Avengers, Infinity War: Thanos Ancam Semesta

by Yogira
Fri, 27-Apr-2018

Dari sekian banyak karakter dalam film Avengers: Inifinity War, siapakah yang layak sebagai tokoh utama? Ternyata bukan anggota Avengers, tapi musuhnya, yakni Thanos.

Thanos lah yang membuat kisah Avengers: Infinity War jadi lebih kuat. Sebagai antagonis, dia tak memerlukan stereotipe dengan karakter buas. Malah, Thanos dalam film ini justru lebih kelihatan sebagai raksasa bermuka kalem dan baik hati. Tapi tindak-tanduk kejahatannya luar biasa. Semua ksatria Avengers dibikin ketar-ketir kewalahan. Bagaimana Thanos bisa muncul dalam film ini?


Penggemar film Marvel bisa menelisik benah merah Thanos kalau menonton film Captain America: Civil War [2016] dan Thor: Ragnarok [2016]. Karena dari film itulah tanda-tanda Thanos akan muncul. Pemeran Thanos, Josh Brolin, mampu mengekspresikan Thanos secara pas melalui ekspresi wajah, gestur tubuh, dan tentu saja caranya bicara.

Film Avengers: Inifinity War memulai dengan penggambaran hancurnya kapal-kapal bangsa Asgar oleh serangan pasukan Black Order atas perintah Thanos. Tampak Thor dan Loki sudah tak berdaya menghadapi Thanos, yang menginginkan infinity stone---sejenis batu, yang bisa menyalurkan kekuatan energi luar biasa saat terpasang pada sarung tangan besi Thanos. Agar kekuatannya sempurna untuk menguasai semesta, Thanos harus mencari infinity stone lainnya. Ternyata dua batu berada di bumi, yakni di Dr Strange dan di Vision.

Thanos pun menyuruh pasukannya ke bumi untuk merebut dua batu tersebut. Tentu saja, ini jadi ancaman serius. Pasca mendapatkan kabar buruk tentang Thanos dari Bruce Banner/Hulk, anggota Avengers kembali berembuk. Meski ada ‘perang dingin’ antara Tony Stark/Iron Man versus Steve Rogers/Captain America, toh dua sekutu dari masing-masing yang bertikai mesti berjuang menumpas serangan Black Order dan Thanos di dua tempat berbeda.


Steve Rogers dan sebagian Avengers berkunjung ke Wakanda untuk bertemu T'Challa/Black Panther sekaligus mengamankan Vision. Tapi keberadaan mereka terendus Thanos. Maka terjadilah peperangan kolosal di Wakanda. Sedangkan Iron Man dan Peter Parker/Spider-Man berupaya menyelamatkan Dr Strange, yang diculik anak buah Thanos hingga ke luar angkasa. Untung saja, mereka mendapat bala bantuan dari tim Guardians of the Galaxy, yang salah satu anggotanya punya hubungan dramatis dengan Thanos. Mengapa Guardians of the Galaxy jadi terlibat untuk melawan Thanos? Lantas bagaimanakah nasib Thor dan Loki?

Duet sutradara, Anthony Russo dan Joe Russo tampaknya ingin menuangkan gagasan plot dan karakter Marvel lebih segar ketimbang film Marvel sebelumnya. Action dan visual effect pada Avengers: Infinity War, memang tidaklah meragukan. Tapi yang paling layak mendapatkan jempol, ya penggambaran The Avengers yang tak berdaya lagi menghadapi kehancuran. Ini jadi anti klimaks yang justru menawan dan dramatis. Kebanyakan penonton pasti memendam kesedihan ketika jagoan-jagoan yang diharapkan jadi jawara malah dalam film ini tak kuasa karena kesaktian Thanos.

Tapi kalau menyimak after-credits film ini, masih ada peluang Avangers bangkit lagi untuk mengalahkan Thanos. Di situ ditampilkan juga logo Captain Marvel. Apakah ini pertanda peperangan belum berakhir? Apakah Hawkeye dan Antman akan muncul pada peperangan berikutnya? Kita tunggu saja. [][teks yogirudiat | foto Marvel Studio]