}
If/Then Seleksi Proyek Film Pendek Dokumenter
Film

If/Then Seleksi Proyek Film Pendek Dokumenter

by Yogira
Wed, 09-May-2018

Badan Ekonomi Kreatif [Bekraf] bekerjasama dengan In-Docs membuat IF/Then Story, yakni program untuk mendukung para pembuaf film dokumenter untuk memperoleh pendanaan pembuatan film dan distribusi secara global. Berdasarkan siaran pers release IF/Then [07/05], ada 10 Film Pendek Asia Tenggara yang lolos seleksi dan akan ikut serta pada final pitching di Docs By The Sea pada Agustus 2018.

Finalis tersebut dari Indonesia, Filipina, Thailand dan Malaysia. Dari Indonesia, terpilih 4 film yang berjudul Diary of Cattle [David Darmadi & Lidia K. Afrilita], Home [Arunaya Gondhowiardjo dan Firman Widyasmara], How Far I’ll Go [Ucu Agustin dan Dian Raisha], dan The Other Half [Wahyu Utami Wati dan Damar Ardi]. Sementara Filipina meloloskan 3 film, yaitu Bullet-Laced Dreams [Cha Escala & Kristoffer Brugada], The Legend of The Fish [Venice Atienza], dan Touch the Color [Baby Ruth Villarama dan Carlo Joel Gutierrez]. Thailand memiliki 2 film yaitu Dancing Queen [Watcharee Rattanakree dan Apichon Rattanapayon] dan Swallows Trapped in Twilight [Komtouch Napattaloong dan Nontawat Numbenchapol]. Sedangkan dari Malaysia, film yang terpilih Songbirds of Aceh [Aminda Faradilla dan Jean Chang].

Sepuluh film tersebut akan meneruskan proses pengembangan cerita dan mengikuti workshop tambahan di Bali [2-5 Agustus 2018]. Pada akhir program IF/then, 4 film dari Asia Tenggara akan memenangkan hibah dana sebesar masing-masing Rp 100 juta. Selain 4 pemenang hibah dana, 1 film akan memenangkan hibah produksi dari Al Jazeera sekaligus mendapatkan kesempatan tayang di channel Al Jazeera.


Menurut Wakil Kepala Bekraf, Ricky Pesik, program IF/then ini dibuka sejak Desember 2017 hingga Februari 2018. Dari 110 peserta yang mengikuti program ini, terpilihlah 17 finalis, 9 di antaranya dari Indonesia. Setelah mengikuti workshop, terpilih lagi 10 finalis berdasarkan proyek proposal mereka. [][teks yogirudiat | foto PR /@amin shabana]