}
Ocean’s 8:  Perempuan Perampok Pintar
Film

Ocean’s 8: Perempuan Perampok Pintar

by Yogira
Thu, 07-Jun-2018

Trilogi film Ocean’s terbilang populer di industri film pada era millennium ini melalui Ocean’s 11, Ocean’s 12, dan Ocean’s 13. Ketiganya  menyuguhkan kisah yang khas  tentang sekelompok perampok, yang sebagian lelaki perlente. Aktor George Clonney, Brad Pitt, dan Matt Damon jadi trio aktor andalan. Film yang terinspirasi film jadul tahun 1960 berjudul Ocean's 11 itu ingin melanjutkan kesuksesan sekaligus menjaga image popularitasnya pada tahun ini, yakni dengan judul Ocean’s 8. Ada 5 aktris ngetop yang menjadi magnet kesuksesan Ocean's 8. Mereka adalah Sandra Bullock [Debbie Ocean] Cate Blanchett [Lou], Anne Hathaway [Daphne Kluger], Helena Bohnam Carter [Rose Weil], dan Rihanna [Nine Ball].

Tak ayal, Ocean’s 8 Jadi pembeda trilogi Ocean’s sebelumnya. Maklum, dengan 5 aktris tersebut, sang sutradara, Gary Ross menampilkan kisah perampokan yang unik plus pesan feminis. Dalam dialog antara Debbie dan Lou terbetik pernyataan bahwa dalam rencana perampokan mereka jangan memasukan anggota lelaki. Debby lebih memilih perempuan karena biasanya perempuan diabaikan dalam situasi sulit. Ini jadi pesan tersendiri dalam film ini bahwa perempuan tidak bisa diremehkan. Untuk urusan mencuri, Debbie dkk tidak menggunakan kekerasan, tetapi dengan kecerdasan, dan tentu saja kematangan rencana, dan kekompakan tim.

Ceritanya sih, Debbie adalah adik Danny Ocean [George Clooney], yang dalam film ini sudah wafat. Seperti juga kakaknya, Debbie ternyata seorang perencana pintar untuk urusan perampokan. Bebas bersyarat dari penjara, Debbie bukannya insyaf jadi penjahat. Dia tak kapok untuk merampok. Tak tanggung-tanggung, targetnya kalung bertahtakan berlian seharga 150 juta dollar. Tentu saja tak sembarang orang bisa menyentuh kalung yang disimpan di butik Cartier itu. Penyimpanannya saja sangat ketat. Tapi, bagi Debbie itu justru jadi tantangan. Dia sudah mempersiapkan rencana pencurian kalung tersebut selama bertahun-tahun.

Demi memuluskan rencananya, Debbie perlu bantuan. Maka, dia mencari rekan lain. Setelah bertemu Lou, yang teman dekatnya, bermunculan perempuan lain. Masing-masing punya keahlian tersendiri. Terbentuklah sekelompok perempuan perampok pintar. Mereka siap menjalankan aksinya di sebuah acara mewah, tempat kalung incaran mereka dipamerkan melalui leher selebriti kondang, Daphne Kluger. Bagaimana Debbie dkk bisa mencuri kalung berlian itu di tengah keriuhan pesta?

Ocean’s 8 seolah menyiratkan glamoritas palsu kehidupan sosial kelas atas. Indikasinya terlihat jelas dari karakter Debbie, yang selalu berpenampilan glamor, namun sebenarnya dia kekurangan uang. Demikian juga nasib perancang mode, Rose Weil, yang ternyata hidupnya di ambang kebangkrutan, namun dia mencoba menempatkan dirinya sebagai desainer yang bergengsi. Ini jadi pesan ironis yang bisa menggelitik emosi penonton.

Ocean’s 8 terlihat sangat diniatkan sebagai film box office. Tim pencuri yang beraksi dalam film ini adalah aktris multiras. Selain tentu saja, aktris berkulit putih, ada juga berkulit hitam [Rihanna/ NIne Ball], perempuan India [Mindy Kalling/Amita], dan aktris keturunan China, [Awkwafina/Constance]. Ini akan jadi daya tarik tersendiri untuk meraih penonton lebih banyak dari berbagai bangsa dan ras secara global.

Perlu dicatat juga, ada 3 bintang utama dalam film ini yang  pernah meraih Oscar, yakni Sandra Bullock [The Blind Side], Cate Blanchett [Blue Jasmine dan The Aviator], serta Anne Hathaway [Les Miserables]. So, tiga artis bermutu ini sedikit banyak bisa menaikan gengsi Ocean’s 8 sebagai film pilihan penonton.

Nah, kalian penyuka film drama komedi dengan cerita kejutan dan bumbu intelektualitas, nikmati saja Ocean’s 8. Tapi jangan sampai setelah menonton filmnya, malah kalian ingin coba-coba jadi perampok ya. [][teks yogirudiat | foto WarnerBros]