}
Akatara Pertemukan Investor dengan Penggiat Film
Film

Akatara Pertemukan Investor dengan Penggiat Film

by Yogira
Fri, 08-Jun-2018

Badan Perfilman Indonesia [BPI] bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif [BEKRAF] kembali menggelar sosialisasi Akatara atau Indonesian Film Financial Forum 2018. Kegiatan berskala nasional ini mempertemukan investor baik nasional, maupun internasional dengan penggiat film. Dengan Akatara, para penggiat film tidak hanya akan mendapatkan sokongan dana untuk biaya produksi film, tetapi juga berlaku bagi kegiatan non produksi film. Acara ini akan digelar di Jakarta pada 18-20 September 2018.

Pada 2017, Akatara menghasilkan produksi film berjudul Keluarga Cemara, besutan Angga Dwimas Sasongko. Rencananya, film ini  rilis akhir tahun ini. Sejalan dengan hasil itu, BPI dan BEKRAF berharap Akatara nanti kembali bisa menghasilkan kesepakatan antara puluhan investor dengan 50 pengaju proposal proyek film, baik dalam bentuk produksi, workshop, pelatihan, kursus, dll.

“Kami membuka investasi untuk menyikapi film tanah air dengan serius. Ada 50 proposal yang akan kami pilih untuk mendapatkan dana dari para investor. Proposalnya dikelompokkan dalam beberapa kategori, misalnya untuk film panjang, film, pendek, dokumenter, fiksi, dan animasi. Kami juga menerima proposal untuk non produksi film,”  jelas Agung Sentausa, Ketua Bidang Fasilitasi Pembiayaan Film di BPI, pada acara Konferensi Pers Akatara di sebuah Hotel di bilangan Harmoni, Jakarta [05/06].

Kepala BEKRAF, Triawan Munaf menambahkan, melalui Akatara, calon investor bisa mengetahui peluang investasi di bidang perfilman. Investor dan para pembuat film pun diharapkan memiliki kesepahaman, tidak hanya dari sisi produksi, tetapi juga upaya pemasaran dan promosinya dilakukan lebih unik.

“Kita harus membuat format yang lebih stabil semoga banyak investor yang merenspons Akatara ini,” ujar Triawan.

Nah, bagi siapapun yang berminat dalam dunia film, Akatara menerima proyek proposal untuk produksi film panjang maupn pendek, baik fiksi, documenter, dan animasi. Pendaftaran proposal akan dibuka sejak 20 Juni-20 Juli 2018. Informasi lebih lanjut, silakan cek di akatara.id. [][teks yogirudiat | foto @yogirudiat, akatara.id]