}
Loving Pablo: Raja Narkoba Cinta Colombia
Film

Loving Pablo: Raja Narkoba Cinta Colombia

by Yogira
Mon, 02-Jul-2018

Genre: Biography, Crime, Drama
Sutradara: Fernando León de Aranoa
Penulis: Fernando León de Aranoa, Virginia Vallejo [buku]
Pemain: Javier Bardem, Penélope Cruz, Peter Sarsgaard
Rating: R
Durasi: 123 menit

Colombia sering disebut-sebut sebagai ‘sorga’ narkoba, tepatnya kokain. Negara di Amerika Selatan ini banyak sekali penyelundup kokain. Tapi, yang paling ternama adalah Pablo Escobar.  Dia termasuk legenda Colombia dalam urusan perdagangan narkoba. Kartel yang kerap bertindak ‘gila’ namun cerdas dalam mengelabui aparat. Nah, film Loving Pablo adalah pengungkapan ulang penggalan riwayat hidupnya berdasarkan buku berjudul Loving Pablo, Hating Escobar. Penulisnya adalah Virginia Vallejo, yang tak lain pacar Pablo Escobar. Dalam film Loving Pablo, Vallejo pun jadi tokoh penting dalam kehidupan Escobar. Karena hubungan cinta keduanya, jadilah film ini kerap memancing debar.

Kisahnya tentang perjalanan cinta Pablo Escobar dengan Virginia Vallejo antara tahun 1983-1987. Pablo sebenarnya sudah berkeluarga. Namun pesona Virginia memikat hatinya. Sebagai jurnalis sekaligus presenter, Virginia memang cantik, pintar, dan tenar. Ini yang bikin Pablo mabuk kepayang. Uniknya, Pablo tetap menyayangi istrinya, Maria Victoria. Bahkan Pablo akan melakukan apapun demi menenangkan hati Victoria dan kedua anaknya.

Namanya juga gembong narkoba, Pablo selalu dirundung masalah gawat. Berbagai persoalan menyerbu dirinya, mulai yang menyakiti hatinya, hingga membahayakan nyawanya. Apalagi setelah tindak tanduknya sebagai penyelundup kokain ke Amerika terendus di parlemen Colombia ketika Pablo terjun ke dunia politik.

Lantaran ulahnya sebagai kartel berbahaya, pemerintah Colombia dan Amerika bekerjasama untuk membekuknya. Namun berkat kekayaannya yang melimpah ruah, Pablo bisa mengendalikan seabrek anak buah ke segala arah agar hidup dan bisnisnya tak ambruk kalah. Cara Pablo ini pula, sebagian kaum miskin mencintai kedermawanannya. Mereka mengelu-elukan Pablo bak pahlawan Colombia.

Selagi bertahan dengan bisnis kokain, Pablo ingin tetap mempertahankan hubungannya dengan Virginia. Namun justru karena affair inilah, Pablo jadi semakin gundah. Virginia pun kian gerah karena hubungannya dengan Pablo malah membuat hidupnya jadi rusak parah. Lantas bagaimana kelanjutan hidup mereka? Tetap bertahan atau jadi berpisah?

Sang sutradara, Fernando Leon de Aranoa berhasil menyuguhkan sosok Pablo Escobar serealistis mungkin dengan aneka bumbu dramatik yang bikin emosi tercabik. Tentu saja, ini jadi terasa lantaran akting Javier Bardem yang ciamik. Aktor penggondol Piala Oscar pada film No Country for Old Men tersebut tampak total memaikan peran Pablo Escobar. Demi karakter Pablo, Bardem menggendutkan tubuhnya. Dia juga berhasil menaruh ‘ruh’ Pablo pada aktingnya untuk gestur tubuh dan intonasi suara.  Pasangan mainnya, yang juga istri sahnya, Penélope Cruz sukses juga memainkan karakter Virginia Vallejo. So, film Loving Pablo boleh dibilang karya sinema kolaborasi yang bernas dari pasangan suami istri asal Spanyol itu.

Menyelami sekilas kehidupan Pablo Escobar melalui film ini, penonton seperti jadi saksi mata yang nyata, betapa kehidupan Pablo dengan cinta, harta, dan intrik-intriknya di Colombia jadi pelajaran berharga. Narkoba memang berbahaya. Dia bagai dewa pencabut nyawa siapapun yang terlibat menjalaninya. Jadi, saksikan saja Loving Pablo agar kita kian sadar dan menolak mentah-mentah penyalahgunaan narkoba. [][teks @yogirudiat | foto Escobar Films, B2Y EOOD]