}
Sicario: Day of the Soldado
Film

Sicario: Day of the Soldado

by Hagi
Fri, 29-Jun-2018

Genre: Action, Crime, Drama
Sutradara: Stefano Sollima
Penulis: Taylor Sheridan
Pemain: Benicio Del Toro, Josh Brolin, Isabela Moner
Rating: R
Durasi: 122 menit

Sebuah bom meledak ketika patroli perbatasan memergoki imigran gelap dari Meksiko yang diselundupkan ke Amerika. Sejumlah aparat jadi korban bom bunuh diri itu. Beberapa hari setelah itu, beberapa pria misterius masuk ke sebuah toko swalayan dan tak lama mereka meledakkan diri. Insiden ini menelah korban jiwa masyarakat sipil termasuk anak-anak. Pemerintah Amerika berang. Mereka segera mengatur siasat untuk menumpas teror itu.

Agen lapangan CIA, Matt Graver [Josh Brolin] ditugaskan untuk menyelidiki peristiwa berdarah tersebut. Ia menemukan petunjuk adanya keterlibatan kartel narkoba dari Meksiko dalam penyelundupan ‘pengantin-pengantin’ bom bunuh diri itu. Saat rapat bersama pejabat terkait, ia mengusulkan untuk mengadu domba kartel-kartel yang belakangan juga fokus menyelundupkan manusia dari Meksiko ke Amerika. Usul itu disetujui, dengan syarat tidak melibatkan satu pun unsur pemerintah.

Matt lalu mengontak Alejandro [Benecio Del Toro] untuk membantunya memancing peperangan antara kartel narkoba di Meksiko. Ia ditugaskan membunuh pengacara dan menculik Isabela Reyes [Isabela Moner], putri bos pengedar narkoba Carlos Reyes. Penculikan itu berjalan mulus. Tetapi saat terjadi gangguan di tengah jalan, misi itu berantakan. Matt diperintahkan untuk menghapus semua jejak, termasuk menghabisi Alejandro dan Isabela. Tegakah Matt melenyapkan temannya? Lalu bagaimana Alejandro bisa menyelamatkan diri dari situasi pelik tersebut?

Sepintas, Sicario: Day of Soldado tak berhubungan dengan Sicario [2015]. Kursi sutradara diduduki orang yang berbeda. Denis Villeneuve digantikan Stefano Sollima. Tetapi penulis skenario masih diisi Taylor Sheridan. Penonton hanya disuguhi beberapa tokoh yang sama, juga permasalahan dan setting yang tak jauh berbeda.

Jika di Sicario pertama ada Kate Macer [Emily Blunt] dan Reggie Wayne [Daniel Kaluuya] yang jadi agen CIA, di Sicario: Day of Soldado karakter mereka tak ditemukan lagi. Sebagai ganti, kita bisa melihat akting Isabela Moner yang cukup ciamik. Ditambah lagi kehadiran Elijah Rodriguez yang berperan sebagai Miguel Hernandez. Kedua remaja ini seakan jadi penyegar jalan cerita yang padat baku tembak dan adegan kekerasan ini. Menarik melihat pergulatan batin Matt Graver ketika mendapat perintah untuk membersihkan misi yang gagal tersebut. Juga komunikasi dengan bahasa isyarat yang dilakukan Alejandro dengan warga Meksiko tuna rungu saat hendak menyelamatkan Isabela.

Meski begitu, ada beberapa celah kecil dalam pengadeganan yang membuat hati masygul. Misalnya ketika Alejandro menyelamatkan diri pasca dieksekusi anggota gangster di gurun. Sicario: The Day of Soldado terasa kurang greget dibanding pendahulunya. Tapi Commuters tak perlu kuatir. Seperti biasa, Del Toro dan Brolin masih bermain prima. Karakter yang mereka bawakan begitu menonjol, sehingga walau nafas Sicario masih terasa. Kabarnya, Sicario ketiga tengah dipersiapkan produksinya.

Well, lupakan dulu rutinitas yang acap memenjarakan. Pesan tiket via m-tix sekarang, dan tonton di bioskop XXI terdekat ya. [][teks @hagihagoromo | foto Black Label Media]