}
Mamma Mia! Here We Go Again: Nostalgia Mengenang Donna
Film

Mamma Mia! Here We Go Again: Nostalgia Mengenang Donna

by Yogira
Thu, 19-Jul-2018

Tahun 2008, film Mamma Mia! menyedot perhatian penonton, yang rata-rata suka nyanyi. Sebagai film drama musikal, Mamma Mia! mempopulerkan lagi lagu-lagu hits ABBA. Maklum, film ini pun mengambil judulnya dari lagu ABBA. Nah, tahun ini, kelanjutannya muncul lagi lewat judul Mamma Mia! Here We Go Again. Sekuelnya tentu saja ingin lebih unggul dan berbeda ketimbang yang pertama.

Yang jadi pembeda dengan film pertama, Mamma Mia! Here We Go Again menekankan pada nostalgianya dengan konsep cerita double plot, memadukan secara bergantian plot zaman sekarang dengan plot masa lalu [flash back]. Inilah yang jadi keunggulan Mamma Mia! Here We Go Again ketimbang Mamma Mia yang rilis 10 tahun lalu.

Pada Mamma Mia pertama, pengisahannya tentang pencarian Sophie untuk  menemukan siapa sebenarnya ayah kandungnya. Dia ingin didampingi ayahnya saat menikah dengan Sky. Nah, pada Mamma Mia! Here We Go Again justru Sophie mengumpulkan kembali tiga lelaki, yang pernah menjadi pasangan hidup sang ibu, Donna. Sophie mengundang pula dua sahabat ibunya, Tanya dan Rossie untuk peresmian Hotel Bella Dona, milik ibunya, yang baru direnovasi. Tak hanya tamu spesial, sejumlah tamu lain warga Pulau Kalokairi pun berdatangan ke acara meriah ini.

Pengisahan Sophie tersebut diselang-seling dengan pengisahan Donna selagi muda, tepatnya saat dia bertemu tiga lelaki berbeda sekaligus mencintainya. Donna bertemu Harry, lalu Bill, lantas ketika sampai di Pulau Kalokairi, Donna jatuh cinta kepada Sam. Sejak itu Donna bertekad tinggal di pulau indah di Yunani itu. Tapi, saat perutnya membuncit, hingga lahir lah Sophie, Donna tak bisa memutuskan siapakah ayah sang jabang bayi tersebut.

Dari awal hingga akhir cerita, nyaris film ini tanpa kejutan atau twist yang berarti. Begitu ringan untuk dicerna sebagai hiburan semata. Lagu-lagu ABBA yang menghiasi film ini dengan tampilan lirik dan juga tarian yang mengiringinya lumayan menggairahkan penonton untuk ikut bernyanyi dan bergoyang. Meskipun emosi dramatiknya kurang terasa, Mamma Mia! Here We Go Again bisa memuaskan dengan kehadiran para bintang film senior, seperti: Meryl Streep, Pierce Brosnan, Colin Firth, Andy Garcia, dan Cher. Tentu saja ini jadi nilai jual untuk menarik perhatian penonton dewasa. Tapi, bukan berarti anak muda tak cocok menonton film ini. Amanda Seyfriend, Lili James, Dominic Cooper, Jeremy Irvine, Josh Dillan, dan Hugh Skinner jadi daya pikat tersendiri untuk penonton remaja.

So, film ini bisa ditonton lintas generasi [kecuali anak kecil], yang menampilkan kesan nostalgia cinta, yang berharga bagi dua generasi berbeda. Setting daerah pantai di Yunani pada lokasi syuting film ini turut pula memperkuat kesan indah nostalgia tersebut. [][teks @yogirudiat | foto Legendary Entertainment]