}
The Meg: Teror Hiu Purba
Film

The Meg: Teror Hiu Purba

by Yogira
Thu, 09-Aug-2018

Sineas tergiur mefilmkan hiu, ya wajar saja. Maklum, kebuasannya bisa mengundang teror bagi penonton. Menakutkan sekaligus menegangkan. Adalah Steven Spielberg yang paling fenomenal menampikan sepak terjang hiu yang mengancam manusia melalui film Jaws [1975]. Sejak itu, bermunculan film sejenis. Nah, yang terbaru berjudul The Meg.

Film besutan Jon Turteltaub ini benar-benar menampilkan hiu sebagai raja ikan yang maha buas. Judul The Meg adalah kependekan dari megaladon, jenis hiu purba yang besar dan ganas, berukuran panjang sampai 18 meter. Hiu purba yang hidup 18 hingga 1,5 juta tahun yang lalu itu menampakkan diri pada zaman terkini dalam film ini.

Kisahnya bermula dari ekpedisi para ilmuwan, yang menyelam hingga ke dasar lautan. Mereka terpana dengan keajaiban di sana. Ternyata, masih banyak spesies baru, yang belum ditemukan sebelumnya. Namun, tiba-tiba, kapal selam yang mereka tumpangi terancam hiu raksasa alias megaladon. Dia mengobrak-abrik kapal selam itu. Para ilmuwan pun berusaha menyelamatkan diri.

Penyelam ulung, Jonas Taylor [Jason Statham] berupaya mengevakuasi para ilmuwan itu dari kedalaman laut. Namun megaladon terus mengincar mereka sampai ke permukaan. Salah satu ilmuwan cantik bernama Suyin Zhang [Li Bingbing] nyaris terbunuh ketika hendak menaklukan megaladon. Untung saja, Jonas bisa menyelematkannya. Tak disangka, lagi-lagi megaladon terus memburu Suyin dan Jonas berikut tim ekpedisi. Hiu predator ganas ini bernapsu mencabik, melahap mereka, bahkan sukses menghancurkan kapal laut tim ekspedisi. Bagaimana Jonas dan Suyin melawan hiu purba menakutkan itu?

Film ini diproduksi berdasarkan buku berjudul MEG: A Novel of Deep Terror, karangan Steve Alten. Penggambaran hiu megaladon sebagai ‘aktor utama’ terbilang luar biasa. The Meg layak dianggap film tentang hiu paling keren pada abad ini. Sang sutradara, Jon Turteltaub berhasil mengarahkan timnya untuk  menyuguhkan  ketegangan sekaligus misteri bawah laut. Jadi, layak diacungi untuk kerja kolaborasi unit special effect, sinematografi, editing gambar, dan tata suara untuk film ini.

Dari sisi pengisahan, konflik, dan bumbu dramatiknya, The Meg aman untuk penonton mulai anak beranjak dewasa. Bahkan ada nilai lebihnya secara ilmiah. 

The Meg film action berunsur science fiction, yang mengawinkan sensasi petualangan ala cerita karya Jules Verne berjudul Twenty Thousand Leagues Under the Sea dengan inspirasi teror hiu, yang populer dan legendaris pada film Jaws. Lalu bagaimana chemistry bintang utamanya, Si kekar Jason Statham dengan Si molek oriental, Li Bingbing? ya tonton saja filmnya. [][teks yogirudiat | foto Warner Bros. Pictures, Maxim, WallpaperSite]