}
The Equalizer 2: Perang Pribadi Demi Sahabat
Film

The Equalizer 2: Perang Pribadi Demi Sahabat

by Yogira
Tue, 14-Aug-2018

Biasanya, peperangan terjadi karena perebutan kekuasaan atau pembelaan yang terpicu dari penghinaan maupun penganiayaan. Nah, pada film The Equalizer 2, perang terjadi karena urusan pribadi.

Masih seperti pada The Equalizer pertama, sang tokoh utama, Robert McCall [Denzel Washington] hidup dalam kesendirian meski sesekali terpaksa harus jadi sang ‘pengadil’ ketika muncul kasus kejahatan yang merugikan orang tak berdaya. Sambil bekerja sampingan sebagai pengemudi taksi online, Robert membantu sahabatnya, Susan Plummer [Melissa Leo] untuk mengungkap misteri pembunuhan terencana di Brussels Belgia. Namun malang,  Susan tewas mengenaskan. Robert sangat terpukul, lalu berupaya keras untuk mengungkap dalang pembunuhan sahabatnya itu.

Robert berkomunikasi dengan agen rahasia, yang juga sahabatnya juga, bernama Dave York [Pedro Pascal]. Namun, sejak itu, Robert malah menjadi incaran pembunuh misterius. Bahkan mereka nyaris menghabisi tetangga Robert, yakni Miles serta Brian, sang suami Susan. Robert mencoba mencegah pembunuhan berikutnya terjadi. Dia sudah mendapatkan data-data orang yang sudah membunuh Susan. Bagaimana Robert merencanakan perang pribadi dengan musuhnya itu?

Mengikuti jalan ceritanya dari awal hingga akhir, The Equalizer 2 lebih menitikberatkan pengisahan drama. Action-nya justru hanya sebagai ‘bumbu’. Ini terlihat dari kompleksitas sang tokoh utama dalam menghadapi persoalan hidup, yakni kesepian pasca ditinggal istri, sakit hati kehilangan sahabatnya, dan juga kekhawatiran kepada remaja yang tinggal di sekitar rumahnya. Tiga persoalan ini mengemuka jadi ikatan konflik dramatik psikologis pada diri Robert. Puncaknya adalah perang pribadi, yang memancing musuh ke medan pertempuran berskala kecil di sebuah pelabuhan, yang sedang dilanda badai.

Perang pribadi Robert yang bermuatan dendam terhadap pembunuh Susan di kota pelabuhan itu jadi klimaks The Equalizer 2. Keadaan badai mempertegang dua pihak yang berperang. Suara angin rebut dan benda-benda rusak yang berterbangan pada rangkaian adegan peperangan sungguh mendebarkan penonton. Klimaks semacam ini, konsepnya hampir sama dengan ketegangan adegan klimaks pada film Heat [1995], ketika Al Pacino dan Robert de Niro adu tembak di atas riuhnya suara pesawat terbang di are bandar udara. 

The Equalizer 2 adalah film keempat Denzel Washington yang berkolaborasi dengan sutradara Antoine Fuqua. Menariknya, melalui film The Equalizer, baik yang pertama maupun kedua, Denzel berupaya jadi aktor laga kalau melihat dari cara kelahinya. Padahal biasanya dia memerankan karakter watak, yang biasa membintangi film-film drama. Nah, kalian penggemar Denzel Washington, film The Equalizer 2 bisa jadi pembeda dari rata-rata filmnya. [][teks yogirudiat | foto Seenit, Minimax Cinema, Columbia Pictures]