}
10 Film Berdasarkan Kisah Nyata Pembunuh Berantai
Film

10 Film Berdasarkan Kisah Nyata Pembunuh Berantai

by Yogira
Tue, 16-Jun-2015

Mendengar “pembunuh berantai”, bikin kita bergidig. Tapi, industri film Hollywood justru menjadikannya komoditas. Apalagi kalau berdasarkan kisah nyata, pembunuh berantai bisa mempengaruhi ingatan penonton setelah nonton filmnya.

Berikut adalah 10 film tentang pembunuh berantai berdasarkan kisah nyata, yang paling menghebohkan.   

10. Gacy [2003]

Film ini berdasarkan kisah nyata pembunuh yang kerap berkostum badut. Namanya John Wayne Gacy. Dia membunuh sekaligus melakukan kekerasan seksual pada 33 anak laki-laki pada tahun 1972-1978. Aktor pemeran Gacy dalam film ini adalah Mark Holton.

9. Summer of Sam [1999]

Sutradara Spike Lee terinspirasi tokoh pembunuh berantai David Berkowitz, yang lebih populer dengan nama The Son of Sam, pembunuh berantai di New York pada tahun 1976. Tapi film ini bukan soal biografi Si pembunuh, tapi tentang peristiwa pembunuhannya.

8. Ted Bundy [2002]

Nama Ted Bundy ngetop di Amerika sebagai pembunuh berantai, penculik, dan pemerkosa wanita pada tahun 1970-an. Sosoknya yang psikopat difilmkan dengan judul yang sama dengan pemeran utama, Michael Reilly Burke.

7. Dahmer [2002]

Film ini berdasarkan aksi pembunuh berantai bernama Jeffrey Dahmer. Sekitar 17 orang jadi korbannya, antara tahun 1978-1991. Lebih mengerikan lagi, dia seorang kanibal. Jeremy Renner dipercaya memerankan orang psikopat ini. 

6. The Boston Strangler [1968]

Judul film ini diambil berdasarkan pembunuhan berantai di Boston, Amerika pada awal tahun 1960-an. Pelakunya adalah Albert DeSalvo, yang diperankan aktor Tony Curtis. Penggambaran DeSalvo dalam film ini sungguh mengerikan.

5. 10 Rillington Place [1971]

Inilah film yang berdasakan kisah nyata John Christine, yang kejadiannya di kawasan 10 Rillington Place, Notting Hill in London. Selain membunuh banyak orang, Christine pun menghabisi nyawa istrinya sendiri. Pemeran utama film ini adalah Richard Attenborough.

4. Deranged [1974]

Film yang mengisahkan penyelidikan sosok pembunuh sekaligus pencuri organ tubuh manusia, bernama Ed Gein. Meskipun tak sepenuhnya mengangkat kisah, Ed Gein, film ini lumayan menegangkan berkat arahan sutradara, Jeff Gillen dan Alan Ormsby.

3. Aileen: Life and Death of a Serial Killer [2003]

Aileen Wuornos menghebohkan Amerika pada tahun 1989-1990 setelah membunuh 7 lelaki di Florida. Aileen mengklaim, dirinya berbuat begitu karena membela diri dari tindak perkosaan. Film dokumenter ini diperankan sendiri oleh Aileen.

2. Badlands [1973]

Film ini berdasarkan kisah nyata pembunuh berantai yang masih berusia muda, bernama Charles Starkweather. Dia membunuh 11 orang hanya dalam waktu 2 bulan. Diduga, Starkweather bekerjasama dengan kekasihnya ketika membunuh semua korbannya.

1. Henry: Portrait of a Serial Killer [1986]

Henry Lee Lucas jadi orang menghebohkan karena mengaku sudah membunuh 60 orang. Dia dikenal sebagai psikopat berdarah dingin. Pemeran Henry dalam film ini adalah Michael Rooker. [][teks @firza/whatculture.com | foto berbagai sumber]