}
Gangster, Cinta Keblinger Seorang Fighter
Film

Gangster, Cinta Keblinger Seorang Fighter

by Yogira
Wed, 26-Aug-2015

Sebelum mulai jauh, mungkin film ini lebih cocok berjudul Fighters. Tapi tak apalah, toh kelahi adu jotos kerapkali terjadi ketika konflik gangster.

Gangster. Judulnya terkesan garang. Sebagian orang yang akan menonton film ini mungkin membayangkan dar-der-dor senjata api yang ‘menggedor’ jantung. Ini Abad ke-21. Pada kenyatannya, gangster zaman sekarang tentu anggotanya lazim dipersenjatai pistol. Tapi beda dengan film ini. Nyaris para anggotanya tak memegang pistol, tapi setidaknya cuma pentung, selebihnya adalah kemampuan bela diri tangan kosong.

Tersebutlah Jamroni [Raihan Khan - Hamish Daud] lelaki yang melulu jadi korban bully di Dusun Pager Desa, di sekitar lembah Gunung Merapi. Sejak kecil hingga dewasa, Jamroni punya ikatan batin dengan Sari [Avrilla Sigarlaki - Eriska Rein]. Namun keduanya terpisah oleh keadaan. Di kampungnya, Jamroni sering terkena bully demi Sari. Karena itulah, dia serius belajar bela diri ketimbang mengaji, yang akhirnya menemukan jati diri sebagai seorang fighter.

Di kampungnya, Jamroni dikenal sebagai pengawal distribusi sapi ke Jakarta. Sampai di ibukota, malah dia terjebak pada cinta keblinger. Selain mencari Sari, dia juga harus berurusan dengan cinta njelimet yang ditularkan Retta [Nina Kozok]. Boleh dibilang, Retta lah biang keladi kehidupan Jamroni di Jakarta,  hingga akhirnya terjerembab pada serangkaian perkelahian atas nama komitmen dua boss gangster yang bertikai, Hastomo [Agus Kuncoro] versus Amsar [Dwi Sasono]. Bagaimana nasib Jamroni akhirnya? Tonton aja filmnya ya.

Gangster adalah besutan sutradara muda, Fajar Nugros. Dia mencoba mencampuradukan genre drama, action, komedi dalam racikan kisah yang menghibur. So, penonton jangan terlalu serius mencari kekurangan logika cerita pada film ini. Yang penting, kita bisa menikmati adegan-adegan seni bela diri yang dibumbui komedi satir. Meski aktor utama, Hamish Daud [pemeran Jamroni dewasa], aktingnya terlihat masih kikuk, toh ketampanannya dan gestur tubuhnya sangatlah menjual.

Film ini terasa renyah dengan dialog-dialognya yang bikin penonton tersenyum dan juga tertawa. Jujur Prananto boleh lah diacungi jempol untuk urusan itu. Dia menulis skenarionya pun tak terpaku pada 3 pembabakan drama. Ini yang membuat alur cerita Gangster nggak membosankan. Sebagai bonus, ada Dian Sastro sebagai cameo. Berperan sebagai pacar Bang Jangkung, Dian seolah ‘dipaksa’ memberontaki karakter film-film sebelumnya. Kali ini dia lebih tampil sebagai sosok petarung, bukan sebagai pengidam cinta. 

Film produksi Starvision ini mulai tayang di bioskop pada 27 Agustus 2015.  Nonton ya, kalau memang ingin sekadar hiburan. [][teks @firza | foto Starvision]