Selamat Datang Android Marshmallow
Gadget

Selamat Datang Android Marshmallow

by Dedi
Thu, 17-Sep-2015

Tak lama lagi OS Android penerus versi 5.0 atau Lollipop akan hadir. Android versi 6.0 yang resmi diberinama Marshmallow punya fitur-fitur baru. Apa saja?

1. Google Now on Tap

Google Now yang mulai Jelly Bean diperkenalkan kini hadir lebih canggih. Kita tinggal men-tap kata apapun yang ada di layar untuk melakukan search. 

2. Chrome Custom Tab

Kini web-link pada sebuah aplikasi bisa membuka Chrome tab yang di kustomisasi dengan tema yang sesuai dan senada dengan aplikasi tersebut. 

3. Baterai Lebih Lama

Fitur baru Android Doze pada Marshmallow menjanjikan umur baterai yang lebih lama. Bisa mencapai 2 kali lipat dibanding versi Android Lollipop. 

4. Pindai Sidik Jari

Sekarang menjadi bagian terintegrasi dari OS Android. Selain untuk keamanan, juga sebagai verifikasi pembayaran pada fitur Android Pay. 

5. USB tipe C dan Pengisian Baterai yang Lebih Cepat

USB tipe C mentransfer data dan mengisi baterai 3-4 kali lebih cepat dibanding micro USB. Selain itu juga backward compatible dengan micro USB.. 

6. Pembaruan App Permission

Pada Marshmallow, kita bisa memberikan hanya sebagian ijin akses dari sebuah app ke perangkat keras ponsel kita.Sebelumnya kita hanya bisa menberikan semua ijin akses atau menolaknya semua.

7. Android Pay

Sistem pembayaran via NFC yang dikembangkan dari Google Wallet. Verifikasi pembayaran melalui pindai sidik jari atau nomor kartu virtual. 

8. Direct Share

Belum banyak informasi mengenai fitur ini tapi pastinya bagi-bagi konten pada ponsel seperti dokumen dan foto akan lebih mudah.

9. Boot Animation Baru

Marshmallow menampilkan boot animation baru berupa 4 lingkaran yang berubah-ubah sampai akhirnya menjadi logo Android.

10. Tombol Notifikasi yang Bisa Disesuaikan

Tombol pada notification drawer kini bisa disesuaikan user untuk shortcut ke app tertentu dan lainnya. 
[][teks @dd_sarwono/timesofindia.com | foto google.com]