7 Aksesoris Penting Kamera DSLR Pertama
Gadget

7 Aksesoris Penting Kamera DSLR Pertama

by Pohan
Tue, 31-Mar-2015

Selamat datang di dunia fotografi. Udah motret apa aja nih pake kamera barunya? Landscape, human interest, atau model seksi? Ya, biasanya motret macam 'gitu sih awalnya..

Yap, kamera DSLR itu pemakaiannya bisa jangka panjang asal dirawat dengan baik. Ntar pasti posting foto di media sosial jangan ngaku newbie terus, ya.. 'Kan kameranya udah profesional. 

Inilah 7 aksesoris penting kamera DSLR pertama:

1. Baterai kamera cadangan
Punya baterai cadangan nggak ada ruginya. Supaya pas lagi asyik motret baterai abis, kita nggak perlu panik cari colokan listrik. Sejauh ini, baterai kamera asli terbilang awet sih. Tapi untuk jepret banyak momen seharian, cadangan pasti penting.

2. Tas kamera
Ada paket pembelian kamera yang udah dapet bonus tas. Cuma modelnya kadang tas kamera banget alias nggak cocok sama selera kita. Pilih yang sesuai sama kebutuhan dan modelnya nggak pasaran mengantisipasi maling.

3. Flash eksternal
Punya flash eksternal bisa nambah wawasan tentang gimana cahaya bekerja dan cara mengaturnya. Sangat membantu motret malam. Tapi, sebelum memutuskan beli flash eksternal, riset aja dulu ya belajar fitur-fiturnya.

4. Tripod
Kadang tangan pegel megangin kamera yang jelas nggak ringan macam kamera poket. Butuh tripod untuk ngambil gambar tajam. Ini barang penting yang harus dibawa saat hunting foto. Cari yang fleksibel misalnya ball head tripod.

5. Shutter release
Aksesoris ini sebagai pengganti tombol shutter di kamera. Harganya sekitar Rp 70rb. Eh ada yang wireless-nya juga. Fungsinya sama macam shutter release kabel cuma ini tanpa kabel dan jarak motret sampai dengan 80 meter.
 
6. Kartu memori tambahan
Umumnya sih fotografer pakai kartu memori CF [compact flash] atau SD [secure digital]. Penting banget punya kartu memori tambahan, supaya bisa back up data. Nggak menutup kemungkinan kartu memori error atau udah full.
 
7. Cleaner kit
Kamera disimpen aja gitu di rumah tetap bisa kena debu apalagi diajak main terus. Nah, ini aksesoris wajib untuk merawat alat tempur kalian. Cleaner kit isinya ada lens cleaning paper, lens pen, lens cleaner [spray], dan blower.

Harga barang-barang di atas variatif. Inget, kalau mau hasil yang bagus jangan ragu beli yang 'mahal' tapi bisa awet. [][teks @pohanpow | foto diyphotography.net]