Manusia 'Hijrah' ke Mars?
Gadget

Manusia 'Hijrah' ke Mars?

by Pandu
Sat, 05-Dec-2015

Badan Antariksa Amerika Serikat atau lebih dikenal dengan nama NASA kini sedang menjalani percobaan agar manusia bisa dikirim menuju Asteroid pada 2025 mendatang. Bukan cuma itu saja, target kedua NASA juga mengirim manusia ke Mars pada 2030. Rencana yang ketat karena hanya berjarak lima tahun saja antara keduanya.

Hal ini pun telah ditetapkan lewat Undang-Undang Otoritas NASA serta disetujui Pemerintah Amerika Serikat.

Sejauh ini, penelitian ke Mars selalu mengandalkan kemampuan robot. Manusia sulit menggantikannya karena terkendala pasokan logistik serta keamanan. Perlu waktu 2,5 tahun hanya untuk mencapai Mars dari Bumi. Dikalkulasikan pulang-pergi berarti perlu waktu 5 tahun. Belum ditambah penelitian kondisi Planet Merah tersebut.

Maka itu, perjalanan ke Mars adalah misteri yang belum terpecahkan lebih dari sedekade ini. Mampukah manusia? Jika hal itu berhasil, mimpi tentang memindahkan manusia dari Bumi menuju Mars bukan lagi isapan jempol belaka. Apalagi jika planet Bumi  nantinya tidak bisa ditinggali.

Selain jarak antara Bumi dengan Mars yang mencapai 56 juta km, peneliti pun masih mencari kemungkinan adanya air di planet keempat ini. Tak bisa disangkal, air adalah unsur penting kehidupan manusia. Menurut NASA September lalu, air telah ditemukan mengalir hasil dari tangkapan alat MRO [Mars Reconnaissance Orbiter].

Tapi hal tersebut belum bisa dipastikan secara akurat sebelum bisa dilihat dengan mata telanjang oleh para astronot pada tahun 2030. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto NASA]