Info BMKG di Ponsel Pintar
Gadget

Info BMKG di Ponsel Pintar

by Dedi
Wed, 03-Feb-2016

Jika sebelumnya aplikasi mengenai informasi cuaca di ponsel pintar hanya melalui aplikasi buatan luar seperti Accuweather, sekarang tidak lagi.

BMKG [Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika] baru-baru ini meluncurkan aplikasi "Cuaca BMKG" untuk ponsel pintar berbasis Android 4.0 yang untuk sementara baru tersedia di Google Play Store dan akan tersedia di App Store dan Blackberry App World untuk pengembangan selanjutnya.

Secara umum ada dua jenis informasi cuaca yang tersedia di aplikasi ini, yaitu prakiraan cuaca Indonesia dan peringatan dini cuaca buruk di Indonesia.  

Informasi prakiraan cuaca tersedia lebih dari 300 lokasi hingga tingkat kabupaten dan memiliki jangkauan hingga 3 hari ke depan dengan empat periode [pagi, siang, malam dan dini hari] sedangkan informasi peringatan dini berbentuk peta hingga tingkat kecamatan dengan kode warna yang mengindikasikan tingkat bahaya dari cuaca buruk.

Kepala Biro Humas BMKG Wahyu Adji menerangkan bahwa aplikasi ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan informasi terhadap bencana alam yang ditimbulkan dari faktor cuaca. [][teks @dd_sarwono/detik.com | foto riaunews.com, majalahkartini.co.id,  infospesial.net]