Gadget

Ada Balon Google di Indonesia

by Dedi
Wed, 13-Apr-2016

Balon Google [Project Loon] adalah proyek penelitian dan pengembangan yang dikembangkan Google mulai tahun 2011. Proyek ini bertujuan untuk menyediakan akses Internet ke daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau.

Project Loon menggunakan balon yang melayang pada lapisan stratosfer di ketinggian sekitar 18 km, lebih tinggi dari pesawat terbang sehingga tidak mengganggu jalur penerbangan.

Balon-balon bertenaga surya tersebut akan membuat jaringan nirkabel di udara seperti layaknya menara seluler di daratan. Tiap balon dapat menyediakan konektivitas untuk area berdiameter 80 km menggunakan teknologi LTE [Long Term Evolution].

Dengan Balon Google, tiap orang dapat mengakses Internet di mana saja langsung dari ponsel dan perangkat LTE lainnya.

PAda 29 Oktober 2015 lalu Google telah bermitra dengan XL Axiata, Indosat, dan Telkomsel untuk menghadirkan teknologi Balon Google ke Indonesia.


Sementara menunggu perizinan dari Menkominfo, uji coba Project Loon telah dilaksanakan mulai Januari lalu. Teknologi ini diharapkan menjadi solusi efektif untuk menyediakan akses internet di Indonesia yang terdiri dari 17 ribu pulau.[][teks @dd_sarwono/google.com, wikipedia.org, detik.com | foto google.com, diansiswarini.com]