Membongkar Fakta Android
Gadget

Membongkar Fakta Android

by Yogira
Thu, 30-Apr-2015

Hampir satu dekade OS Android rilisan Google eksis di industri gadget. OS yang multi platform ini memungkinkan banyak pihak membuat perangkat android sendiri. Hasilnya, ponsel pintar yang terjangkau oleh semua kalangan!

Kini Android identik dengan Google. Tapi sebelumnya,  OS Android milik Android Inc yang didirikan pada tahun 2003. Google mengakuisisi Android Inc. pada tahun 2005.

Para pendiri Android Inc, seperti: Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White tetap bekerja di Android setelah Google mengakuisisinya. Sebutan “Android” pun diambil dari nick name Andy Rubin.
Semula banyak yang skeptis dengan Android. Bahkan pada sebuah diskusi terbuka, wakil perusahaan bernama Pandora berkata “Untuk apa kita bahas Android? Kita nggak peduli kok.” Tapi kini mereka membuat apps untuk Android.

Sekarang, prototype ponsel Android jauh dari bentuknya, malah lebih mirip ponsel Blackberry, lengkap dengan keyboard, trackpad, tombol Call dan End. Peluncuran iPhone yang full touchscreen mengubah semuanya.

OS Android biasanya punya “nickname’ yang berhubungan dengan makanan, seperti “Kitkat” untuk Android 4.4 dan “Lollipop” untuk versi 5.0. Tapi awalnya nggak seperti itu. Android versi 1.0 disebut “Alpha” atau “Astro Boy”.

Pada 2010, Android membuat OS khusus untuk support tablet yang berlayar lebar. Dibuatlah Android 3.0 Honeycomb, satu-satunya versi Android yang tidak pernah dipasang di ponsel. Android versi berikutnya adalah Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Inilah versi Android pertama yang bisa dioperasikan, baik di tablet maupun ponsel.

Ponsel Android pertama, HTC Dream, tidak mempunyai virtual keyboard sampai adanya versi upgrade ke Android versi 1.5 Cupcake, 6 bulan kemudian. Virtual keyboard dianggap tidak praktis pada saat itu.

Sekarang lagi trending adalah Smartwatch. Tapi pada tahun 2010 Sony-Ericsson pernah membuat LiveView watch. Yang ini terhubung dengan ponsel Android yang bisa menampilkan notifikasi Twitter, RSS dan Media Player.

Indonesia nggak mau kalah. Tahukah kalian ponsel lokal pertama yang menggunakan OS Android? Jawabnya IMO S900. Ponsel ini dirilis tahun 2009 dengan prosesor Samsung S3C2448 400 MHz, kamera 2 MP, WiFi dan RAM 128 MB. [][teks @dd_sarwono/berbagai sumber | foto maxmanroe.com/ technouniversityworld.blogspot.com]