Firmware Itu Apa Sih?
Gadget

Firmware Itu Apa Sih?

by Pandu
Sun, 25-Dec-2016

Pernah penasaran nggak kenapa remote teve atau AC bisa mengontrol padahal dari jarak jauh? Atau gimana caranya lampu lalu lintas bisa berubah otomatis padahal nggak ada yang pencet saklarnya? Nah itu semua berkat firmware.

Sederhananya, firmware adalah perintah yang ditanam ke perangkat keras atau komponen mesin. Misalnya kalau tekan volume, bisa bertambah atau berkurang. Tekan channel bisa maju atau mundur.

Selain remote teve, firmware tertanam hampir di seluruh produk bermesin. Misalnya mesin cuci, computer, kamera, handphone, scanner juga router.

Kalau dulu satu firmware biasanya bertahan sampai produk itu rusak. Tapi sekarang, seringkali ikut terbarui waktu unduh system baru dari produsen via internet.

Sejak ditemukan tahun 1967, firmware sudah mempermudah hidup manusia banget. Semua jadi serba ‘klik’ nggak lagi perlu tenaga banyak. Bayangin coba kalau naik lift perlu ditarik pakai katrol macam menimba air di sumur. Nggak perlu bawa-bawa satpam juga untuk jagain mobil. Tinggal pasang alarm aja.

Tapi hati-hati juga lho, firmware bisa dibajak dari jauh juga. Apalagi firmware komputer. Untuk yang suka unduh program gratis via internet hati-hati ya. Ditinjau lagi pakai software anti-virus. [][teks @haabibonta | foto www.mistralsolutions.com]