File Aman, Hati Pun Senang
Gadget

File Aman, Hati Pun Senang

by Intern 2
Fri, 04-Aug-2017

Pernah nggak, saat kamu menyimpan baik-baik data kamu di komputer, eh ternyata hard drive-nya rusak. File-file penting yang dibutuhkan mendesak pun tidak bisa 'diselamatkan'. Ngeselin ya? Tapi, sekarang ada kok tips agar data kamu tetap aman tersimpan. Simak ya.

1.    Atur Backup File

Jika virus menginfeksi sistem operasi komputermu, sering-seringlah kamu meng-install ulang program secara keseluruhan. Sementara komputer Mac sering bisa mengembalikan file data, PC tidak dilengkapi untuk melakukannya. Buat salinan cadangan file kamu secara teratur.

2.  Gunakan External Drive

Ada USB flashdisk untuk yang paling kecil kapasitasnya, yaitu 1 GB, dan External Hard Drive lebih dari 1 TB. Perangkat ini kokoh dan gampang dibawa ke mana saja.

3.  Manfaatkan External Drive Gratis dengan Google Drive

Yang sering memakai akun Google, sudah tahu ya dengan Google Drive? Ya. Google Drive dapat menyimpan data maksimal 25 GB. Kamu hanya perlu mencari koneksi internet, dan membuka akun Google kamu. Simpel 'kan?

4. Gunakan Smartphone

Zaman sekarang udah banyak lho orang memakai ponsel pintar. Ponsel tersebut bisa membuka file-file office juga. Jadi, kamu bisa menyimpan file office di dalam ponsel pintar kamu.

5.  Enkripsikan Hard Drive

Banyak komputer sudah memiliki fungsi built-in untuk mengenkripsi file. Sebagian besar komputer Windows, misalnya, menggunakan perangkat lunak BitLocker dari Microsoft. Untuk mengakses perangkat lunak ini, masuk ke panel kontrol dan kemudian "Sistem dan Keamanan." Jika BitLocker tidak tersedia pada sistem, DiskCryptor dan TrueCrypt juga dapat mengenkripsi hard drive kamu. Ini juga harus dilakukan untuk setiap file cadangan, termasuk drive eksternal.

6.  Jaga Perangkat Milikmu

Boleh saja melindungi data kamu dengan memindahkannya ke drive eksternal. Namun, bagaimana jika data yang rahasia berada di perangkat kamu, misalnya laptop, dan laptop tersebut raib? Oleh karena itu pasang password juga ya.

7.  Simpan Data di Lebih Dari 1 External Drive

Lebih baik jangan menyimpan data kamu hanya di satu flash drive. Lebih baik, kamu gandakan lagi ya penyimpanannya. Bisa saja kamu menggunakan CD/DVD. [][teks @apra_manuela | sumber & foto berbagai media]