Manfaat Dash Cam pada Mobil
Gadget

Manfaat Dash Cam pada Mobil

by Intern 2
Thu, 24-Aug-2017

Pernah menonton tayangan pengejaran polisi pada salah satu stasiun televisi? Kebanyakan tayangan tersebut direkam dengan kamera video dari dashboard mobil polisi.

Nah, sekarang ini kebanyakan mobil pribadi juga punya kamera seperti itu pada mobil mereka. Kamera itu dinamakan Dash Camera atau kamera dashboard, yang diletakkan di atas dashboard mobil. Banyak manfaat jika memakai kamera jenis tersebut, seperti beberapa hal di bawah ini.

1.  Bukti Untuk Klaim Asuransi Mobil

Untuk di beberapa negara, penggunaan dash cam ini diwajibkan jika ingin mengikuti asuransi kendaraan. Gunanya agar tidak ada penipuan asuransi. Contohnya: pemilik mobil ingin mengklaim asuransi dengan alasan mobilnya ditabrak pengendara lain. Padahal kebalikannya, yaitu pemilik mobil tersebut menabrak mobil orang lain. Sayangnya, di Indonesia belum ada penerapan seperti ini.

2. Fungsi Pengawasan

Biasanya, untuk belajar mengemudi, kamera ini dapat menjadikan review untuk evaluasi mengenai berkendara lebih baik.

3. Menghindari Tindak Pemerasan

Adegan dari kamera ini dapat menggambarkan dan memutar ulang kejadian yang telah terjadi. Maka rekaman ini dapat melindungi kita ketika ada orang lain yang berdalih mengenai suatu kecelakaan.

4. Perlindungan Ketika Parkir

Perlindungan ketika kendaraan parkir dan tidak diawasi. Beberapa dash cam dilengkapi dengan fitur perekaman walau mobil dalam keadaan mati. Siapa tahu, dengan adanya dash cam, orang yang hendak mencuri akan berpikir ulang untuk melakukan tindak kejahatan. Selain itu, kemungkinan mobil kamu ditabrak kendaraan lain juga bisa terekam dengan jelas, bukan?

5. Melacak Jarak

Melacak jarak serta cara pemakaian mobil bila dipinjam. Hal ini amat bermanfaat, terutama bagi perusahaan rental kendaraan.

6. Untuk Kesenangan

Untuk kesenangan, misalnya kamu sedang jalan jalan, lalu ingin merekam semua aktivitas perjalananmu juga bisa kok.

7. Merekam Aktivitas Tidak Terduga

Merekam aktivitas di luar pikiran atau tidak terduga juga bisa dengan kamera ini. Misalnya, kecelakaan beruntun, komet jatuh, pohon tumbang, sampai video amatir pesawat jet besar yang gagal take off, kalau kalian pernah lihat di kanal YouTube. [][teks @apra_manuela/keselamatankeluarga.com| foto youtube.com]