Lumio, Buku yang Bersinar
Gadget

Lumio, Buku yang Bersinar

by Sherra
Tue, 26-May-2015

Apa kamu pernah dengar soal buku yang bisa menyala terang saat dibuka? Nah, wujudnya adalah seperti di bawah ini.


Produk ini namanya Lumio. Kalau dilihat, yep.. bentuknya adalah buku hard cover dengan ukuran 17 x 21,5 x 3 cm dan berat 407 gram. Buku adalah penerang dunia. Sama kayak buku satu ini yang akan menerangi ruangan kamu. Kerennya, buku lampu portable ini bisa dibuka sampai 360 derajat.

Lumio dibuat untuk menjadi barang-barang sehari-hari yang simpel dan multi-fungsi. Lumio ini juga menjadi sistem pencahayaan modern untuk memberikan orang kebebasan mendapat pencahayaan yang indah di mana pun mereka berada.

Cover buku Lumio ini berbahan kayu yang di dalamnya tersimpan magnet. Jadi, Lumio bisa menempel di permukaan berbahan metal. Sama seperti handphone, buku lampu ini mesti di-charge dengan kabel USB dan akan tahan selama 8 jam.

Tapi sebenernya siapa sih yang membuat inovasi keren kayak gini?
Max Gunawan.

Ya, dia adalah salah satu anak bangsa yang berhasil menyumbangkan ide briliannya dan diperebutkan investor-investor Amerika.

Dalam tayangan program TEDx Talks, Max bercerita awal ia bisa menciptakan produk yang menjadi salah satu "Top 10 Most Innovative Crowdfunded Companies" menurut majalah Entrepreneur tahun 2013.

Max melewati masa kecilnya di Jakarta dengan orangtua yang sibuk bekerja 10 jam sehari dan 7 hari seminggu. Max adalah anak tunggal, tapi nggak serta merta mendapatkan perhatian orangtua. Semasih kecil, Max selalu iri dengan teman-temannya yang memiliki mainan Transformer dan bisa berlibur bersama keluarga.

Hingga akhirnya ia senang saat dibawakan jeruk bali oleh ayahnya. Bukan karena rasanya yang enak, tapi karena ia bisa membuat mobil-mobilan dari kulitnya.

Singkat cerita, Max melanjutkan kuliah di Amerika. Walaupun memiliki pendapatan yang besar saat bekerja, di dalam hati kecilnya itu bukanlah pekerjaan yang ia inginkan. Demi terciptanya Lumio, Max rela meninggalkan pekerjaannya dan melanjutkan idenya tersebut.

Kamu bisa lihat tayangannya di http://bit.ly/1AqzRQw. Well, sebuah ide dan bisnis nggak akan terealisasi tanpa aksi. Max Gunawan udah membuktikannya. [][Teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]