}
Google Maps Luncurkan Fitur Baru Bagi Pengguna Sepeda Motor
Gadget

Google Maps Luncurkan Fitur Baru Bagi Pengguna Sepeda Motor

by Intern
Thu, 31-May-2018

Penggunaan aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps sangat membantu kita dalam menelusuri, menjelajahi, dan menemukan rute yang belum kita ketahui. Selama ini, Google Maps hanya menyediakan fitur penunjuk arah yang diperuntukkan bagi mobil, transportasi umum, dan pejalan kaki.

Jumlah pengguna sepeda motor di Indonesia semakin bertambah setiap harinya. Sementara itu, Google Maps belum memiliki fitur untuk pengendara sepeda motor. Bahkan seringkali, Google Maps mengarahkan pengguna sepeda motor menuju jalan tol.

Melihat keluhan tersebut, membuat Google Maps pada akhirnya meluncurkan fitur baru penunjuk arah yang diperuntukkan bagi sepeda motor. Fitur tersebut bisa Anda dapatkan pada Google Maps versi 9.73.

Dalam versi baru tersebut, Google Maps menyediakan rute yang berisi jalan-jalan kecil (jalan tikus) bagi pengendara motor. Google Maps tidak akan memberikan petunjuk jalan yang mengarah ke jalan tol. Selain memberikan rute jalan kecil, Google Maps juga memberikan perkiraan waktu tempuh yang lebih akurat.

“Jadi, akan diberikan opsi jalan-jalan kecil, jalan tikus. Perkiraan waktu tempuhnya juga disesesuaikan karena pengendara motor bisa selap-selip sehingga kerap lebih cepat sampai dibandingkan mobil,” ujar Sasha Sunu selaku Product Marketing Manager Google Indonesia, dikutip dari Kompas.com, Selasa, [29/5].

Tak hanya bermanfaat bagi pengguna umum, fitur terbaru dari Google Maps ini diharapkan membantu para pengemudi ojek online yang setiap hari berhadapan dengan jalanan. Namun, fitur Google Maps bagi pengendara motor ini hanya tersedia di platform Android.

Lantas, bagaimana cara menggunakan Google Maps untuk sepeda motor? Berikut langkah-langkahnya:

1. Aktifkan layanan GPS yang ada di ponsel Anda.

2. Buka aplikasi Google Maps. Pastikan aplikasi Google Maps anda sudah mendapatkan update terbaru yakni versi 9.73.

3. Masukkan lokasi yang ingin dituju. Sentuh tulisan Petunjuk Arah (Directions).

4. Lihat ke arah pojok kanan atas. Terdapat tombol tiga titik yang merupakan menu pengaturan.

5. Ketika muncul menu pengaturan, sentuh tulisan Opsi Rute (Route Options).

6. Akan muncul pilihan hindari jalan raya [avoid mototways], hindari jalan tol [avoid toll roads], dan hindari kapal ferri [avoide ferries]. Pilih tulisan hindari jalan tol [avoid toll roads].

7. Ketuk tulisan selesai [done]. [][teks @amuspitasari | foto @amuspitasari , @pcworld]