}
Instagram Rilis Fitur IGTV Saingi YouTube
Gadget

Instagram Rilis Fitur IGTV Saingi YouTube

by Intern
Mon, 25-Jun-2018

Commuters, sudah tahu Instagram memiliki fitur baru? Aplikasi media sosial Instagram merilis fitur terbarunya IGTV yang disebut-sebut akan menyaingi YouTube, Rabu [20/6] silam. Dalam fitur terbarunya tersebut, Instagram melonggarkan durasi pada videonya untuk menarik lebih banyak pengguna media sosial. 

Dilansir dari Billboard.com, fitur IGTV tersebut memungkinkan pengguna mengunggah video yang berdurasi lebih panjang dari Instagram Stories. Aplikasi milik Facebook itu memungkinkan penggunanya untuk mengunggah video berdurasi satu jam.

CEO Instagram, Kevin Systrom berharap IGTV hadir sebagai pusat kreativitas bagi penggunanya agar semakin terkenal dan menjadi sensasi di dunia maya.

Menurut The Sun, video IGTV akan memiliki format berorientasi vertikal untuk mengisi seluruh layar smartphone dan beresolusi mencapai 4K.

"Video vertikal adalah masa depan dan kami ingin masa depan datang lebih cepat, jadi kami membangun IGTV,” ujar Systrom.

Tak hanya itu, Instagram juga bekerjasama dengan beberapa pembuat konten untuk menyiapkan video bagi IGTV. Para pembuat konten tersebut diminta untuk membuat vlog berdurasi 10 menit seperti yang dilakukan pada YouTube.

Lele Pons yang merupakan seorang YouTuber sensasional berencana untuk meluncurkan acara memasak di IGTV. Ia berharap dengan munculnya IGTV akan meningkatkan jumlah audiens yang akan berdampak terhadap penghasilannya.

“Saya menantikan untuk membuat video di YouTube dan Instagram. Ini seperti Coca-Cola dan Pepsi. Kamu tidak akan pernah tahu apa yang kamu suka, kecuali kamu mencoba keduanya,” ujar pemilik instagram dengan 25 juta pengikut itu.

Untuk mendapatkan fitur IGTV, Commuters harus memperbarui aplikasi Instagram ke dalam versi 50.1.0.43.119 terlebih dahulu. Selain itu, fitur IGTV juga akan hadir sebagai aplikasi mandiri pada perangkat iOS dan Android. [][teks @amuspitasari | foto @Forbes & CNBC.com