}
Apple Rilis Fitur Screen Time Untuk Pecandu Ponsel
Gadget

Apple Rilis Fitur Screen Time Untuk Pecandu Ponsel

by Intern
Mon, 02-Jul-2018

Commuters, berapa lama kalian menghabiskan waktu untuk bermain ponsel dalam sehari? Apakah kalian salah satu dari orang yang kecanduan ponsel? Mulai Senin [25/06], pengguna iPhone dapat mengetahui seberapa sering mereka berinteraksi dengan perangkat ponselnya. Dilansir dari CNN, hanya pengguna seri 5S ke atas yang dapat menikmati fitur ini.

Pada Senin lalu, Apple merilis beta publik untuk iOS 12 versi terbaru dari sistem operasi selulernya. Dalam update itu, Apple menambahkan fitur untuk melacak seberapa lama kita menggunakan ponsel. Fitur tersebut juga dapat membantu penggunanya untuk mengurangi frekuensi menatap layar ponsel.

Sistem operasi baru tersebut saat ini baru tersedia dalam bentuk beta dan akan dapat digunakan oleh semua pengguna iPhone seri 5S ke atas pada akhir tahun ini. Update sistem operasi iOS 12 akan meliputi peningkatan performa perangkat, Animoji yang dapat di-customize, dan kekuatan baru augmented reality. Namun yang utama adalah fitur Screen Time yang dapat melacak seberapa lama penggunanya bermain ponsel.

Fitur Screen Time dapat menghitung jumlah pemberitahuan yang diterima dan seberapa sering kita menggunakan ponsel per-hari dan per-minggu. Nantinya, pengguna akan menerima laporan mingguan yang sudah dikelompokkan menurut aplikasi dan kategori.

“Setiap orang harus membuat keputusan ketika mereka menerima laporan pemberitahuan itu dan apa yang akan mereka lakukan,” ujar CEO Apple Tim Cook pada peluncuran fitur baru tersebut bulan lalu.

Apple tidak sendiri dalam usahanya untuk membantu orang-orang yang kecanduan ponsel. Google juga merilis fitur serupa untuk Android. Fitur-fitur tersebut adalah salah satu langkah untuk mengubah cara orang dalam menggunakan teknologi. [][teks @amuspitasari/berbagai sumber | foto @Pinterest & adityadaniel.com]