}
Kontroversi Fitur IG “Ask me a question”
Gadget

Kontroversi Fitur IG “Ask me a question”

by Intern 2
Wed, 04-Jul-2018

Aplikasi berbagi foto dan video yang menerapkan filter digital dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial ini setelah mempublikasikan fitur IG-TV-nya kini heboh meluncurkan fitur “Ask me a question”.

Fitur yang dinilai serupa dengan situs ASKfm [Ask.fm] menjadi kontroversi bagi masyarakat terutama pengguna media sosial khususnya pengguna Instagram.

Aplikasi yang sejak 9 April 2012 diambil alih Facebook merilis fitur “Ask me a question” pada Kamis, 28 Juni 2018.

Awalnya para pengguna Instagram menggunakan fitur “Ask me a question” ini dengan cara si pemilik akun Instagram menawarkan followers-nya untuk bertanya berbagai hal.

Namun, tak lama kemudian tersiar kabar bahwa penggunaan fitur yang seperti itu tidak dibenarkan.

Dikutip dari Kapanlagi.com, pengguna Instagram dengan memilih opsi 'Question' di tab sticker pada menu insta-story, si pemilik akun Instagram bisa mengajukan pertanyaan yang akan dijawab para followers dan hasil jawaban followers akan masuk ke tab notifikasi, bukan di Direct Message [DM].

Meski beberapa pengguna Instagram menggunakannya seperti aplikasi ASKfm, namun fungsi awal dari fitur ini sebenarnya si pemiliki akun Instagram mengajukan pertanyaan kepada followers-nya, sehingga tujuan dari fitur ini menjadi wadah untuk saling berbagi informasi dan mencapai tujuan komunikasi yang baik dan benar.

Masih bingung Commuters? Oke, coba perhatikan gambar di bawah ini.

Yap. Seharusnya penggunaan fitur “Ask me a question” digunakan seperti gambar di atas. Si pemilik akun Instagram bertanya kepada followers-nya, sehingga bisa saling berbagi ide dan pendapat.

Its okey. Bagaimana pun cara Commuters menggunakan fitur “Ask me a question” baik mau menggunakan fitur ini ala ASKfm maupun dengan tujuan sebenarnya. Keputusan di tangan Commuters, karena sesungguhnya itu adalah akun Commuters pribadi.

Sayangnya, fitur ini belum bisa dirasakan secara merata, bahkan bila kalian telah melakukan update aplikasi, belum tentu bisa menggunakannya.

Nah, sudah jelas kan Commuters! Keren kan fitur-fitur Instagram. Selamat berdiskusi di sosial media dan harus tetap bijaksana ya, Commuters. [][teks @yolabonnita/KapanLagi.com | foto Instagram @vivianmegaa, gadgetren.com, chirpstory.com]