}
Luncurkan Versi Beta, Spotify Buat Aplikasi yang Lebih Ringan
Gadget

Luncurkan Versi Beta, Spotify Buat Aplikasi yang Lebih Ringan

by Intern
Thu, 12-Jul-2018

Penyedia layanan musik Spotify baru saja meluncurkan versi beta untuk aplikasi yang lebih ringan bernama Spotify Lite. Dilansir dari Billboard.com, versi itu baru tersedia untuk sistem operasi Android. Menurut daftar aplikasi Google Play Store, Spotify Lite sudah ada sejak 27 Juni 2018.

Namun, aplikasi tersebut baru tersedia di Brazil. Menurut deskripsi di Google Play Store, aplikasi Spotify versi ringan ini memungkinkan penggunanya untuk menghemat ruang pada ponsel karena ukurannya yang kecil. Tak hanya itu, versi ini juga dapat menghemat data ketika sedang bepergian.

“Dengan Spotify Lite, Anda dapat memutar jutaan lagu secara gratis. Aplikasi Spotify Lite berukuran kecil, sehingga Anda menghemat ruang di ponsel, dan menghemat data saat menggunakannya bepergian,” tulis Spotify.

Android Police, sebuah situs yang mengulas tentang serba serbi Android menjelaskan bahwa aplikasi ringan milik Spotify ini hanya membutuhkan 15MB ruang penyimpanan. Sebagai perbandingan, versi utama aplikasi Spotify menggunakan sekitar 100MB.

Namun, dengan pengurangan sebessar 85% ini, fitur-fitur dalam Spotify Lite masih sama dengan aplikasi Spotify versi utama. Di antaranya pengguna tidak bisa memilih lagu tertentu untuk diputar dan harus mendengarkan pada mode acak.

Bahkan berlaku juga bagi pengguna Spotify premium. Selain itu, tidak ada pilihan untuk mendengarkan secara offline atau menghubungkan ke dalam perangkat nirkabel lainnya. Sejauh ini, belum jelas bagaimana aplikasi Spotify versi ringan ini ke depannya.

Seorang juru bicara Spotify enggan mengomentari tentang pengujian aplikasi Spotify veri ringan ini. Ia mengatakan, sejumlah pengujian dilakukan secara rutin untuk meningkatkan pengalaman penggunanya atau hanya berfungsi sebagai pembelajaran saja.

"Kami tidak akan mengomentari tes khusus ini. Di Spotify, kami secara rutin melakukan sejumlah tes dalam upaya meningkatkan pengalaman pengguna kami atau hanya sebagai pembelajaran," ujarnya. [][teks @amuspitasari | foto phonedog.com & firstpost.com]