Qlue Bikin Gampang Melapor!
Gadget

Qlue Bikin Gampang Melapor!

by Pohan
Thu, 09-Jul-2015

Gadget akrab dengan warga Ibukota untuk mendukung rutinitas keseharian. Dengan menggunakan fasilitas internet, warga bisa mendapatkan berbagai macam informasi termasuk mengajukan pelaporan.

Mungkin banyak keluhan warga tentang masalah lingkungan yang selama ini nggak kunjung ditanggapi, apalagi ditindak-lanjuti. Namun, sekarang tak perlu kuatir karena ada sosial media lokal, Qlue.

Qlue menjadi rekan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membantu masyarakat melaporkan pelanggaran, penyebab kemacetan, banjir, sampah, dan lain sebagainya yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Qlue juga ikut ambil bagian dalam pembangunan Jakarta Smart City.

Seluruh laporan warga via Qlue akan muncul di tautan ini.



Cara kerja Qlue tentu memudahkan warga. Pelaporan pun akan langsung diverifikasi oleh dinas terkait dan diproses. Fitur-fitur menarik Qlue di antaranya:

Coin, Gem, XP

Coin, Gem, XP akan berguna untuk menambah level dan belanja.

Memperbarui Daftar Laporan

Untuk memperbarui daftar laporan [refresh], tinggal tarik layar ke bawah.

My Kelurahan

Dapat melihat laporan yang terjadi berdasarkan kelurahan serta bergabung di kelurahan tersebut.

Cek Status Laporan

Cek status laporan melalui 3 warna yang tampil seperti merah untuk menunggu, kuning sedang diproses, dan hijau selesai.

Upload Laporan

Mengambil gambar melalui kamera telepon genggam dan melaporkan kejadian di sekeliling.

Pengunggah Qlue berjumlah 30.000 terhitung sejak Januari 2015, yang berpartisipasi mencapai 236 kelurahan, dan dinas yang bergabung sebanyak 10 instansi. Mari sukseskan Jakarta baru! [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto @pohanpow]