}
Isi Kotak P3K
Health

Isi Kotak P3K

by Pohan
Fri, 18-Sep-2015


Ketika bepergian jauh, Anda disarankan untuk selalu membawa kotak P3K [Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan]. Kotak P3K nggak harus berbentuk kotak dan berwarna putih. Gunakan saja tas yang simpel untuk menyimpan semua peralatan medis yang dibutuhkan.

Anda tidak perlu menunggu sesuatu yang buruk itu datang. Ketika Anda bepergian menggunakan kendaraan pribadi maupun sedang melakukan kegiatan outdoor, siapkan peralatan di bawah ini:

• Pinset

Pinset merupakan bagian penting dari setiap kit pertolongan pertama, terutama jika Anda pergi hiking atau kegiatan outdoor lainnya. Cara paling aman untuk menghapus sempalan atau kutu adalah dengan menggunakan pinset. Sterilkan pinset dengan alkohol baik sebelum dan setelah digunakan.

• Krim Hidrokortison

Untuk gigitan gatal, pertimbangkan membawa dua paket kecil dari 1% krim hidrokortison. Steroid topikal ini memberikan bantuan cepat dari rasa gatal dan mengurangi peradangan.

• Sarung Tangan dan Sanitizer

Gel berbasis alkohol atau tisu dapat membersihkan tangan Anda ketika sabun dan air tidak tersedia. Membersihkan sebelumnya, tergelincir pada sepasang lateks atau ujian non-lateks sarung tangan, dan membersihkan lagi setelah mengobati luka.

• Penghilang Rasa Sakit

Kit pertolongan pertama tidak lengkap tanpa obat untuk menghilangkan rasa sakit dan menurunkan demam. Aspirin, asetaminofen, dan ibuprofen termasuk  yang populer untuk penghilang rasa sakit. Tapi aspirin tidak boleh diberikan kepada orang di bawah usia 18 karena bisa mengakibatkan sindrom Reye.

• Kain Kasa dan Perekat

Untuk luka dan goresan, Anda dapat menggunakan kain kasa untuk menerapkan tekanan untuk luka kecil sampai pendarahan reda. Ketika digunakan dengan pita, kain kasa juga dapat berfungsi sebagai perban untuk menutupi dan melindungi luka. Perban perekat dari berbagai ukuran juga dapat membantu melindungi luka ringan dan goresan.

• Tisu atau Pembersih Luka

Tisu antiseptik atau semprotan berguna untuk membersihkan luka ketika tidak ada air bersih di dekatnya. Air steril atau garam, seperti larutan garam lensa kontak, baik untuk membilas cedera mata dan dapat digunakan pada luka lainnya. Tersedia dalam botol kecil, juga dapat mudah untuk berkemas.

• Krim Antibiotik

Krim antibiotik atau salep memiliki beberapa manfaat, yang dapat membantu melindungi luka ringan dari infeksi. Penggunaan krim antibiotik dapat menjaga daerah lembap, yang dapat membantu penyembuhan serta mencegah luka agar tidak diperban.

• Obat Alergi

Siap untuk melawan reaksi alergi ringan dengan antihistamin. Orang dengan alergi yang serius harus selalu siap sedia membawa epinephrine. Hal ini dapat menyelamatkan hidup dalam kasus anafilaksis - reaksi parah dan berpotensi mematikan alergi terhadap pemicu seperti sengatan serangga atau makanan.

• Siapkan Tas

Supaya tetap bersih dan kering, simpan perlengkapan untuk pertolongan pertama Anda dalam tas. Anda tidak harus membeli tas medis mewah. Gunakan semacam tas makeup tahan air, tool kit, atau fanny pack. [][teks @pohanpow | sumber & foto webmd.com, iconshut.com, promo-wholesale.com]