}
Gangguan Psikosomatik
Health

Gangguan Psikosomatik

by Pohan
Fri, 18-Sep-2015

Psikosomatik berarti pikiran [jiwa] dan tubuh [soma]. Gangguan psikosomatik adalah penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh. Beberapa kasus tumbuh dari depresi, gelisah atau stres dan menjadi penyakit atau gejala fisik yang berat. Gejala kecil gangguan psikosomatik biasanyai sakit kepala, gemetaran atau nyeri dada. Kondisi mental Anda saat ini dapat mempengaruhi seberapa buruk penyakit fisik pada waktu tertentu.

Manakah penyakit psikosomatik?

Sebagian besar penyakit psikosomatik - melibatkan pikiran dan tubuh.

> Ada aspek mental untuk setiap penyakit fisik. Sebagai contoh, penyakit ruam psoriasis membuat orang merasa tertekan dan sakit.

> Ada pula efek fisik dari penyakit mental. Misalnya, dengan beberapa penyakit mental Anda jadi tidak nafsu makan, atau tidak bisa mengurus diri sendiri.

Bagaimana pikiran mempengaruhi penyakit fisik?

Hal ini juga diketahui bahwa pikiran dapat menyebabkan gejala fisik. Sebagai contoh, ketika kita takut atau cemas kemungkinan yang terjadi:

> Sebuah denyut jantung yang cepat
> Hati berdebar [palpitasi]
> Perasaan sakit [mual]
> Gemetar [tremor]
> Berkeringat
> Mulut kering
> Sakit dada
> Sakit kepala
> Simpul di perut
> Bernapas cepat

Penyebab gejala fisik imi biasanua adanya peningkkatan aktivitas rangsangan saraf yang dikirim dari otak melalui berbagai bagian tubuh dan pelepasan adrenalin [epinefrin] ke dalam aliran darah ketika kita cemas.

Bagaimana cara mengobarti gangguan psikosomatik?

Biasanya para ahli akan mencoba untuk mengobati seseorang dengan memperhitungkan faktor-faktor mental dan sosial yang mungkin berkontribusi terhadap penyakit.

[][teks @pohanpow | sumber & foto patient.info, cartman.tv, livestrong.com]