}
5 Alasan Berfantasi itu Bagus
Health

5 Alasan Berfantasi itu Bagus

by Yogira
Sat, 19-Sep-2015

Kamu suka berfantasi? Wajar kok. Itu manusiawi. Malah para ahli menilai bahwa berfantasi  bagus untuk manusia.

Fantasi terdiri dari harapan, mimpi, ketakutan, dan rencana kamu untuk masa depan.  Fantasi terwujud dalam 2 cara, yakni: fantasi sadar dan fantasi di luar kesadaran.

Namun fantasi juga dapat merugikanmu. Misalnya, fantasi pada pornografi, yang menimbulkan kecanduan sehingga menggganggu hidupmu.

So, lebih baik kamu memanfaatkan fantasi untuk hal-hal positif, misalnya untuk meningkatkan kesehatan. Berikut adalah 5 alasan bahwa fantasi itu bagus untuk kehidupan kita.

Ibarat Isi Ulang Batere

Berfantasi adalah salah satu cara agar otak nggak terlalu cape memikirkan segala rutinitas. Membaca majalah travel atau kisah yang menarik bisa memulihkan otak dan suasana hati segar kembali. Ya ibaratnya, cara ini seperti mengisi ulang batere.

‘Melarikan Diri’ dari Rasa Sakit

Fantasi bisa jadi cara untuk melarikan diri dari situasi tak menyenangkan, misalnya sakit hati atau menderita. Kamu bayangkan saja, orang lain menghadapi masalah yang lebih daripada kamu, tapi bisa menjauhi masalah itu.

Memancing Kreativitas

Dengan berfantasi, kamu bisa memancing kreativitas, yang akan menghasilkan karya cemerlang dan tak terduga sebelumnya. Penulis dan pelukis adalah contoh orang yang senang berfantasi.

Mengenal Diri Sendiri

Berfantasi akan membuatmu termotivasi mencoba suatu hal yang baru. Misalnya, kamu membayangan dirimu adalah orang lain, yang biasa melakukan hal-hal umum. Itu otomatis jadi penilaian terhadap kamu sendiri.

Menyehatkan Mental

Jiwa manusia itu bertahan karena adanya akal dan hati. Fantasi adalah cara untuk menyeimbangkan keduanya agar akal tetap sehat dan hati tetap terjaga. Tapi, ingat, berfantasi jangan berlebihan, bisa bahaya  lho.

[][teks @firza | sumber & foto peacefulwarriors.net, topnews.in]