}
Manfaat Si Cokelat Bunga Lawang
Health

Manfaat Si Cokelat Bunga Lawang

by Sherra
Tue, 15-Sep-2015

Indonesia berlimpah rempah-rempah. Pernah dengar soal bunga lawang? Lawang dikenal dengan nama Illicium verum, terdiri atas delapan sisi dengan rasa manis. Bunga lawang banyak dipakai untuk masakan India, Thailand, dan Vietnam.

Di Indonesia, bumbu ini digunakan di beberapa daerah yang memiliki ciri khas masakan berbumbu tajam. Misalnya,  gulai Aceh, rendang Padang, masakan Jawa, dan Bali. Sama seperti kulit kayu manis dan bunga cengkeh, selain sebagai penyedap masakan, buah berbentuk bunga berwarna cokelat gelap ini bisa memberikan manfaat kesehatan, seperti berikut:

  1. Bunga lawang bisa mengatasi gangguan pencernaan dan berfungsi diuretik untuk melancarkan saluran kencing.
  2. Teh dari bunga lawang juga bisa dijadikan obat batuk. Sifat antibakteri dan antijamur yang dimiliki kembang lawang berguna dalam pengobatan asma, bronchitis, dan batuk kering.
  3. Aroma bunga lawang bisa jadi terapi untuk melegakan pernapasan dan menenangkan morning sickness bagi ibu hamil.
  4. Kandungan asam shikimat [shikimic acid] dalam bunga lawang membuat rempah ini dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat obat anti-flu burung.
  5. Bagi ibu yang menyusui untuk meningkatkan aliran ASI dapat juga dengan menyeduh teh minyak bunga lawang.
  6. Aroma kembang lawang yang menenangkan dapat membuat tidur nyenyak serta membantu mengurangi gangguan tidur dan insomnia.
  7. Minyak kembang lawang berguna mengatasi rematik dan nyeri punggung bagian bawah.
  8. Bunga lawang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit karena bunga lawang memiliki anethol yang merupakan komponen utama minyak adas bunga lawang.
  9. Minyak bunga lawang bersifat estrogen yang memudahkan masalah hormonal wanita, seperti kram saat menstruasi. Caranya, oleskan minyaknya pada bagian yang sakit dan pijat perlahan atau bisa juga meminumnya dengan air hangat dan rebusan asam jawa.
  10. Perut kembung, susah buang gas atau perut bergas, dan sembelit dapat diatasi dengan menggunakan minyak bunga lawang dengan meminumnya bersama air hangat pada pagi hari.
  11. Minyak kembang lawang mengandung sifat analgesik alami yang dapat membantu mengurangi tekanan di jantung dan juga menguatkannya.
  12. Selain itu sifat antiseptik yang terdapat dalam bunga lawang menjadikannya sebagai penyembuh alami bagi luka kecil dan lecet.

Manfaat bunga lawang begitu besar bagi kesehatan. Nah, nggak ada salahnya menyediakan bunga lawang di dapur. Siapa tahu nanti dibutuhkan. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto diyanazman.com/cara.media]