}
5 Gangguan Karena Banyak Makan Protein
Health

5 Gangguan Karena Banyak Makan Protein

by Yogira
Thu, 24-Sep-2015

Banyak orang pengin bertubuh atletis dengan mengonsumsi asupan protein secara teratur. Namun, kalau kamu santap makanan yang terlalu banyak proteinnya, justru itu akan merusak tubuhmu.

Nah, berikut adalah 5 gangguan, bahkan bia jadi hal yang membahayakan kalau kamu terlalu banyak makanan mengandung protein.

Napas Bau ‘Naga’

“Haaahh..” Coba keluarkan napas kayak gitu dari mulutmu di depan gebetanmu setelah mengonsumsi makanan berprotein tinggi. Pasti akan bau ‘naga’. Soalnya terlalu protein dalam perut akan menghasilkan zat keton, yang keluar lewat napas lantas  menempel pada mulut.

Mood Nggak Enak

Pernah merasa tiba-tiba mood kamu nggak enak? Bisa jadi penyebabnya dalam tubuhmu sedang berjibaku banyak protein dan hanya sedikit karbohidrat sebagai perangsang hormon serotonin, yang berfungsi mengatur suasana hati.

Merusak Ginjal

Nah, ini yang sangat berbahaya. Terlalu banyak protein pada tubuh akan memaksa ginjal lebih keras membuang zat-zat makanan. Jadi, seimbangkan asupan protein dengan asupan lainnya demi kesehatan ginjalmu.

Gangguan Pencernaan

Kamu pernah merasa kembung atau sembelit? Bisa jadi asupan protein dalam pencernaan kamu terlalu banyak ketimbang karbohidrat. Lebih baik seimbangkan dengan mengonsumsi makanan berserat.

Kelebihan Berat Badan

Sebuah studi menyebutkan, rata-rata orang dewasa yang mengonsumsi 90 persen makanan berprotein, mereka akan mengalami kelebihan berat badan ketimbang yang biasa makan dengan asupan sedikit protein. [][teks @firza/foxnews.com, berbagai sumber | foto theartofunity.com, thetruecare.com]