}
Mencegah Penyakit ISPA
Health

Mencegah Penyakit ISPA

by Yogira
Mon, 21-Sep-2015

Musim kering begini, polusi udara gampang menjadi petaka, pada pernapasan terutama. Jadi, kita harus tetap mewaspadainya. Karena udara kotor, debu pun mudah masuk saluran pernapasan. Inilah yang akan mengundang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas [ISPA].

Nah, penyakit ISPA sebenarnya bisa dicegah dan harus diketahui juga gejala-gejalanya. Berikut adalah ringkasan informasinya.

Penyebab ISPA adalah bakteri dan virus, yang menimbulkan gejala sakit pada telinga, batuk pilek, dan radang tenggorokan, yang berlangsung hingga 14 hari.

1. Pengidap ISPA ringan mengalami gejala batuk, bersuara serak/parau/ plus pilek, panas, dan demam, hingga 37 derajat C.

2. Pengidap ISPA sedang pada anak usia di bawah satu tahun, biasanya mereka bernapas 50 kali per menit, sedangkan untuk anak usia di atas satu tahun meningkat 40 kali per menit.

3. Tingkat ISPA ini ditandai tenggorokan berwarna merah, kulit seperti campak, telinga sakit, atau bahkan mengeluarkan nanah. Suhu badannya pun bisa lebih 39 derajat C.

4. Penderita ISPA tingkat tinggi/berat, gejalanya adalah: bibir atau kulit membiru, hidung gampang kembang kempis saat bernapas, kecepatan nadi 60 kali per menit, dan tenggorokan terlihat merah.

Antisipasi

Agar gejala-gejala ISPA tidak terjadi, lebih baik kita mencegahnya, minimal dengan cara paling sederhana.

1. Pakai Masker

Siap sedia masker kalau Anda sering aktif di lapangan atau banyak kerja secara outdoor. Pemakaian masker pada mulut dan hidung bisa mengurangi partikel-partikel kecil, semisal debu dan kotoran masuk pada saluran pernapasan.

2. Pakai Kacamata

Memakai kacamata bisa jadi antisipasi juga kalau Anda sering aktif di luar ruang. Pasalnya, virus dan bakteri pun bisa masuk melalui mata.

3. Cucilah Tangan

Cucilah  tangan senantiasa dengan sabun dan air mengalir, baik sebelum maupun setelah melakoni aktivitas. Ini akan mempercepat bakteri mati sebelum masuk ke dalam mulut, hidung, atau  mata.

Khusus bagi pengidap ISPA berat, tangan selain harus dicuci dengan sabun, bersihkan juga dengan larutan yang mengandung alkohol. [][teks @firza/berbagai sumber | foto beautyhealthtips.in, memd.me]