}
5 Teknik Pernafasan untuk Menurunkan Berat Badan
Health

5 Teknik Pernafasan untuk Menurunkan Berat Badan

by Pohan
Fri, 27-Mar-2015

Apa kaitannya teknik pernafasan dengan berat badan?

Begini, lemak terdiri dari oksigen, karbon, dan hidrogen. Ketika oksigen membuka jalan terhadap molekul lemak, zat lemak pun hancur menjadi karbon dioksida dan air. Akibatnya, darah bisa menyaring karbon dioksida lantas dihembuskan melalui paru-paru. Oksigen juga mengencerkan darah, menurunkan tekanan darah, dan mempercepat metabolisme.

Karena itulah, nafas sangat berperan dalam mengurai lemak dan proses metabolisme tubuh. Apabila kita rutin melakukan latihan pernafasan, hal itu bisa membantu menurunkan berat badan.

Mari, luangkan waktu selama 15 menit per hari untuk melakukan teknik-teknik di bawah ini:

A. Teknik pernafasan untuk relaksasi

  • Hembuskan nafas. Tarik nafas secara perlahan melalui hidung selama 6 hitungan.
  • Tahan nafas selama 6 hitungan. Hembuskan secara perlahan selama 6 hitungan.
  • Cek postur badan, apakah membungkuk ketika bernafas? Jika iya, maka atur kembali posisi badan lurus dengan tulang belakang.
  • Ulangi langkah 2 hingga 5.

Teknik ini bisa dilakukan 10 kali setiap pagi atau ketika merasa stres dan kelelahan. Caranya bisa sambil berbaring, duduk, atau berdiri.


B. Teknik pernafasan untuk energi

  • Hembuskan nafas.
  • Tarik nafas perlahan melalui hidung selama 6 hitungan. Ketika Anda merasa paru-paru telah penuh, ambil sekali tarikan nafas.
  • Tahan nafas selama 8 hitungan. Jika sanggup, tahan hingga 12 hitungan.
  • Hembuskan perlahan dalam 8 hitungan. Jangan hembuskan semua dalam satu kali hembusan. Kerutkan bibir agar udara keluar lebih pelan. Jika merasa tidak ada lagi udara dalam paru-paru, hembuskan sekali lagi.
  • Tahanlah nafas lagi selama 8 hitungan. Jaga tulang rusuk dan perut agar kaku dan berkontraksi. Jika tidak mampu menahannya hingga 8 hitungan tanpa kewalahan, tahan nafas dengan hitungan lebih pendek dan usahakan mencapai 8 hitungan.

Ulangi teknik ini 10 kali di pagi hari dan kapanpun untuk mendapatkan ledakan energi. Lakukan sambil duduk atau berdiri.


C. Teknik pernafasan untuk membersihkan

  • Duduk tegak dan posisikan tangan kiri pada kaki kiri secara nyaman.
    Letakkan ujung jari telunjuk dan jari tengah tangan kanan di antara kedua alis.
  • Letakkan jempol tangan kanan pada lubang hidung kanan dan jari manis, dekat lubang hidung sebelah kiri.
  • Tekan jempol kanan pada lubang hidung sebelah kanan dan hembuskan nafas melalui lubang hidung sebelah kiri hingga udara dalam paru-paru kosong.
  • Kemudian tarik nafas dalam-dalam melalui lubang hidung sebelah kiri.
    Lepaskan tekanan pada lubang hidung sebelah kanan, kemudian tekan lubang hidung sebelah kiri menggunakan jari manis. Hembuskan udara melalui lubang hidung sebelah kanan.
  • Lepaskan tekanan pada lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah menggunakan lubang hidung sebelah kanan.
  • Ulangi langkah 3 sampai 5.

Tetap dalam posisi duduk yang nyaman, ulangi teknik ini 5 hingga 7 kali.


D. Teknik pernafasan pembakaran untuk metabolisme

  • Duduk dengan posisi lurus dan letakkan kepalan tangan pada bagian tengah tubuh. Posisi ini akan membuat pusat tubuh berkontraksi.
  • Hembuskan semua nafas dari dalam paru-paru.
  • Tarik nafas secara perlahan dengan hidung selama 6 hitungan.
  • Kerutkan bibir dan hembuskan nafas pendek-pendek dan kuat. Jangan menghirup udara ketika menghembuskan nafas. Kekuatan hembusan akan secara otomatis membawa udara kembali ke dalam paru-paru.
  • Hembuskan nafas 50 hingga 100 kali dengan secara bertahap menaikkan jumlah hembusan.
  • Pada hembusan terakhir, hembuskan secara kuat dari dalam paru-paru dan tahan selama 1 hitungan.
  • Santai dan bernafaslah secara normal.

Lakukan dengan duduk di atas lutut atau pada posisi duduk yang nyaman.


E. Teknik pernafasan hampa untuk kesehatan organ inti

  • Letakkan lutut dan tangan di lantai.
  • Hembuskan seluruh udara dari dalam paru-paru sambil mengempeskan perut.
  • Tahan nafas dan kembangkan paru-paru tanpa menarik nafas. Coba untuk menekan perut ke arah tulang belakang.
  • Tahan posisi ini selama 10 detik.
  • Lepaskan nafas perlahan dan ulangi.

Lakukan teknik ini 5 menit setiap hari. [][teks @pohanpow/eHow.com | foto dok. dailyburn.com, sambeaupatrick.com]