}
Hidangan Aman & Sehat untuk Malam Hari
Health

Hidangan Aman & Sehat untuk Malam Hari

by Sherra
Fri, 27-Mar-2015

Pas malam, eh perut 'menjerit' pengin asupan makanan dan minuman. Tapi gimana bagi yang menjalani program diet? Jangan kuatir gagal diet kalau bisa memilih makanan yang aman dan sehat.

Sebelum memutuskan makan, coba deh, kamu minum satu sampai dua gelas air putih, dan tunggu sekitar 10 menit. Kadang rasa haus diikuti rasa lapar. Jika masih terasa lapar, nggak usah takut! Karena ada hidangan yang aman dikonsumsi saat malam hari.


Buah
Daripada menyantap makanan dengan kandungan yang buruk untuk diet, lebih baik mengonsumsi buah. Selain bisa mengganjel perut, buah memberikan vitamin dan serat untuk tubuh, seperti: apel, jeruk, dan pisang. Yang sering insomnia, makan buah ceri bisa jadi pilihan lho. Namun, jangan terlalu banyak ya! Soalnya bisa menyebabkan gula darah meningkat.

Sayuran
Selain bikin kenyang, mengonsumsi sayuran saat malam hari bisa mencegah dehidrasi lho. Pasalnya,  sayuran memiliki kandungan air yang tinggi. Nggak mau kan diet gagal kalau tubuh kurang cairan? Pasalnya, kekurangan cairan dapat mengganggu metabolisme tubuh yang merupakan proses terpenting dalam menjalani diet.

Kacang Almond
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition tahun 2012, mereka yang memakan kacang almond tidak mempengaruhi berat badan. Jadi, jangan kuatir kita makan kacang almond sebagai cemilan malam hari.

Gandum
Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengonsumsi makanan olahan gandum seperti oatmeal atau roti gandum sebelum tidur. Makanan enak satu ini aman buat kamu yang lagi diet karena gandum dapat meningkatan kadar triptophan yang mendorong produksi serotonin dalam tubuh. Zat ini membuat kita dapat tidur lelap dan mengurangi keinginan untuk ngemil.

Daging
Diet berarti makan tanpa daging? Salah banget! Daging baik dikonsumsi saat diet. Daging merah rendah lemak dan kaya protein bisa jadi alternatif untuk atasi perut keroncongan pada malam hari. Syaratnya, dimasak tanpa meningkatkan kalori, yang bukan digoreng atau dipanggang. Daging seperti itu dapat membuat perut kenyang lebih lama dan meningkatkan produktivitas metabolisme tubuh.

Susu
Wah, selain tinggi kalsium, susu nggak akan bikin gemuk. Minum susu rendah lemak sebelum tidur bisa membuat kita merasa kenyang dan sehat. Susu rendah lemak mengandung triptophan yang membantu tidur lebih nyenyak nantinya. Kalau bikin susu yang plain, gantilah gula dengan madu karena dapat segera dicerna tubuh.

Beras Merah
Kandungan beras merah lebih baik daripada beras putih biasa. Karena itu, beras merah dianjurkan untuk dikonsumsi kamu yang sedang diet atau yang kelaparan saat malam hari. Beras merah mengandung karbohidrat kompleks sehingga tidak mengganggu aktivitas gula darah dalam tubuh.

Ikan
Ikan adalah makanan rendah lemak dan mengandung sumber lemak berkualitas tinggi. Nggak usah ragu makan ikan pada malam hari. Ikan bisa membuat perut kenyang tanpa menimbun lemak. Eits! ikannya jangan digoreng, tapi lebih baik dikukus, dibakar, atau dibuat sup.

Dark Chocolate
Cokelat bisa menjadi makanan terlarang. Tapi tunggu dulu! Nggak semua cokelat mengganggu program diet. Cokelat hitam atau dark chocolate tidak mengandung banyak gula, mengandung antioksidan, dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, dark chocolate juga mampu memerangi peradangan, memperbaiki sensitivitas insulin dan meningkatkan mood.

Wah, kayaknya harus punya stok di kulkas ya? [][teks @saesherra/ berbagai sumber | foto freeimages.com]