}
Cepat Tanggap ISPA
Health

Cepat Tanggap ISPA

by Sherra
Thu, 08-Oct-2015

Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau sering disebut ISPA adalah terjadinya infeksi parah pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara, atau paru-paru. Meski sering disebabkan oleh virus, tak dipungkiri bahwa debu dan asap juga menjadi faktor lain penyebab ISPA. Penularan ISPA dapat melalui air ludah, darah, bersin, atau udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat.

Kondisi ini membuat fungsi pernapasan menjadi terganggu. Maka perhatikanlah gejala-gejala dan cara pencegahan sebelum parah. Kalau nggak segera ditangani, ISPA bisa menyebar ke seluruh sistem pernapasan tubuh dan berakibat fatal.

Penanganan ISPA

Kalau pasien udah menunjukkan tanda-tanda terserang ISPA, bawalah ke dokter untuk memeriksa sistem pernapasan. Dokter akan memeriksa sekitar hidung, tengorokan, dan suara napas untuk mengetahui apakah ada penumpukan cairan atau terjadinya peradangan pada paru-paru.

Pemeriksaan dengan CT scan dan X-ray akan diperlukan apabila ISPA yang diderita sudah memasuki tahap lanjutan. Untuk memeriksa seberapa banyak oksigen yang masuk ke paru-paru, prosedur oksimetri nadi dapat dilakukan. Sedangkan untuk mengetahui jenis virus penyebab ISPA, sampel dahak akan diteliti di laboratorium.

Dokter akan memberikan antibiotik yang paling tepat untuk membasmi bakteri penyebab ISPA setelah jenis bakteri diketahui lewat serangkaian tes. Komplikasi yang terjadi akibat ISPA bisa berakibat fatal bahkan mematikan jika dibiarkan.

So, mari jaga kekebalan tubuh, serta terapkan hidup bersih dan sehat ya Commuters! Apalagi untuk bayi dan anak-anak Anda. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto memd.me/mommynearest.com]