}
Usir Flu dengan Garam
Health

Usir Flu dengan Garam

by Pohan
Fri, 27-Mar-2015

Pada musim  pancaroba, flu bisa lebih cepat menyerang siapa saja. Pasalnya, tubuh membutuhkan penyesuaian terhadap perubahan suhu, yang bisa mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Nah, agar terhindar dari flu, kita perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain dengan berolahraga dan menjaga berat badan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu: kebersihan tangan, cukup waktu tidur, meditasi, makan sehat, konsumsi bawang putih mentah, asupan air yang cukup, jauhi makanan yang mengandung gula tinggi, minum suplemen, jauhi stres, serta membersihkan lingkungan.

Apabila flu sudah terlanjur menyerang, kita dapat mengusirnya dengan air garam. Caranya?

  • Larutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa detik.
  • Cara lainnya: campurkan air hangat dengan air perasan lemon dan madu. Setelah berkumur, campuran air tersebut bisa langsung ditelan.

Manfaat berkumur dengan larutan garam:

  • Berkumur dengan larutan garam akan membuang kelebihan cairan dari jaringan yang meradang pada tenggorokan agar  rasa kurang nyaman di tenggorokan bisa berkurang.
  • Berkumur dengan garam juga akan membersihkan lendir tebal dan menghilangkan alergen yang menyebabkan iritasi, seperti bakteri dan jamur dari tenggorokan.
  • Berkumur tiga kali sehari dengan garam bisa mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan hingga 40 persen, dibandingkan dengan orang yang tidak berkumur sama sekali.
  • Berkumur dengan garam juga terbukti mampu membuat gejala batuk lebih ringan. Penelitian lain menyebutkan, berkumur juga membantu mencegah hidung tersumbat. [][teks @pohanpow | foto dok. www.foodnavigator-usa.com, dahealthguide.com]