}
Sarapan? Hindari Makanan Ini
Health

Sarapan? Hindari Makanan Ini

by Sherra
Wed, 21-Oct-2015

Sarapan adalah waktu makan paling penting. Namun, kebanyakan orang nggak sarapan sama sekali karena berpikir itu akan membantu menurunkan berat badan. Ada juga yang sarapan tapi malah mengonsumsi jenis makanan yang salah.

Kenapa harus memperhatikan makanan yang akan dimakan ya?
Kalau kamu terus mengonsumsi makanan yang nggak sehat saat sarapan, itu bakal meningkatkan risiko serangan jantung dan juga diabetes.

Yang kamu makan pada pagi hari adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh setelah perut kosong semalaman. Itulah alasan kamu harus memperhatikan menu sarapan sebagai bekal memulai hari.

Dilansir fittohealth.com, di bawah ini adalah makanan yang dianggap normal atau bahkan sehat untuk dikonsumsi saat sarapan, padahal faktanya nggak juga lho.

Roti Gandum

Sekali dicerna, roti gandum berubah menjadi gula dan meningkatkan insulin. Ini bakalan bagus buat kamu yang punya gaya hidup aktif, tapi bukan buat kamu yang kerja sambil duduk aja di kantor. Jadi, roti nggak ada gunanya. Gandum hampir selalu terkontaminasi dengan mikotoksin, yang dapat menyebabkan kontraksi penyakit seperti osteoporosis, arthritis, dan alergi.

Produk Roti Lain

Ini termasuk muffin, cupcake, waffle, donat, roti isi daging dan isi sosis. Donat rata-rata mengandung 200 kalori. Kamu mesti jalan selama satu jam untuk membakar kalori sebanyak itu. Semakin banyak kandungan gula, semakin nggak sehat. Daging olahan, seperti sosis tinggi lemak dan natrium nitrat. Mengonsumsinya secara rutin dapat menyebabkan masalah jantung dan natrium nitrat dapat menambah risiko kanker.

Makanan 'Sehat' dan 'Tanpa Lemak'

Walaupun banyak kemasan makanan yang mencantumkan 'sehat' dan 'tanpa lemak', hmm.. tetap perlu dicermati lagi. Misalnya, sereal yang katanya sehat, tapi mengandung gula dan garam yang dapat meningkatkan gula darah dan kolesterol. Selain itu, apapun yang dapat disimpan lama dengan kadar bahan pengawet banyak, itu akan berbahaya bagi tubuh dalam jangka panjang. Contohnya, jus dalam kemasan. Minuman ini jadi nggak sehat. Yang sehat adalah jus yang hanya bertahan dua atau tiga hari aja.

Kamu juga jangan tertipu dengan label 'tanpa lemak' pada beberapa produk. Saat lemak dihilangkan dari produk makanan, ada beberapa rasa yang juga dihilangkan, maka produsen sering menambahkan zat buatan untuk menggantinya. Lemak membuat kamu merasa kenyang, tapi karena ini produk bebas lemak, kamu malah akan makan lebih banyak untuk merasa kenyang.

Makanan yang Digoreng

Ingat lho, makanan yang digoreng itu tinggi kalori, kolesterol, dan lemak. Harusnya mereka dihindari ya. Saat kamu menyantap makanan yang digoreng untuk sarapan, makanan tersebut cenderung akan menempel di dinding perut dan usus, sehingga sulit untuk dicerna oleh sistem sepanjang hari.

Susu Pasteurisasi

Susu murni dan susu skim adalah dua dari sekian banyak makanan paling sehat yang bisa kamu konsumsi. Mengandung kalsium, vitamin, dan protein untuk tubuh dan membuat perut kenyang. Tapi susu yang pasteurisasi bisa membunuh bakteri menguntungkan, enzim, protein, dan vitamin. Oleh karena itu, lebih baik kamu pilih susu skim organik.

Wah, harus pintar pilih makanan untuk sarapan nih! Disesuaikan dengan aktivitas dan diseimbangkan tiap harinya ya.. Yang sehat emang mahal sih, tapi kan buat kesehatan kamu juga nantinya. Hihihi.. [][teks @saesherra/fittohealth.com | foto berbagai sumber]