}
10 Tips Jinakkan Emosi
Health

10 Tips Jinakkan Emosi

by Pohan
Mon, 30-Mar-2015

Kemarahan adalah emosi yang normal dan bahkan sehat. Meski begitu, kita harus menghadapinya dengan cara positif. Pasalnya, kemarahan yang nggak terkendali dapat mengganggu kesehatan dan hubungan sesama.

Lantas,  bagaimana kita mengendalikan amarah dengan cara positif? Mulailah dengan mempertimbangkan tips di bawah ini.


1. Berpikir sebelum berbicara
Pikirkan kalimat yang layak sebelum diucapkan agar orang lain yang terlibat berada dalam situasi yang nyaman.

2. Setelah tenang, ekspresikan emosi
Ungkapkan hal yang menurut kita mengganjal pikiran, dengan cara yang tegas tapi konfrontatif, jangan sampai menyakiti hati orang lain.

3. Berolahraga
Jika emosi memuncak, lakukan aktivitas dengan jalan cepat atau lari, atau menghabiskan waktu dengan kegiatan fisik lainnya yang menyenangkan. 

4. Istirahat
Pikiran yang tenang setelah istirahat dapat membantu hal-hal yang terjadi di depan mata tanpa jengkel atau marah.

5. Mengidentifikasi solusi
Buat solusi untuk mengatasi masalah. Ingatkan diri bahwa emosi tidak akan memperbaiki apapun dan membuat keadaan jauh lebih buruk.

6. Gunakan pernyataan 'saya'
Pernyataan 'saya' bisa menggambarkan masalah. Hormat dan spesifik. Contoh: "Saya marah karena Anda terlambat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu."

7. Jangan menyimpan dendam
Permaafan adalah alat yang ampuh. Tidak realistis untuk mengharapkan semua orang untuk berperilaku persis seperti yang diinginkan setiap saat.

8. Gunakan humor untuk melepaskan ketegangan
Namun, hindari sarkasme yang dapat menyakiti perasaan orang lain dan memperburuk sikon.

9. Praktek relaksasi
Latihan pernafasan, bayangkan suasana yang santai, atau mengulangi kata [yang menenangkan] seperti, "Tenang saja".

10. Tahu kapan untuk mencari bantuan
Mengendalikan emosi adalah tantangan bagi semua orang. Pertimbangkan saat meminta bantuan orang, jangan melibatkan orang yang tidak tahu apa-apa. [][teks @pohanpow | foto imgkid.com]