}
Sehat dengan Skipping
Health

Sehat dengan Skipping

by Pohan
Mon, 30-Mar-2015

Skipping atau lompat tali memang olahraga ringan. Tapi jangan salah, manfaatnya banyak bagi kesehatan tubuh, lho. Skipping nggak cuma bisa melatih otot tubuh [lengan, kaki, dan perut], namun juga meningkatkan kecepatan, kelincahan, kekuatan, keseimbangan, dan waktu.

Praktisnya, skipping nggak harus pake tempat yang luas atau pergi ke luar rumah. Kita bisa saja gunakan alas kaki yang nyaman, misalnya dengan sepatu cross-training. Tapi sebaiknya kita jangan melompat di atas rumput, beton, atau aspal.

Sebagai tambahan informasi, alat skipping yang pegangannya terbuat dari kayu dijual sekitar Rp 30 ribu di toko online. Murah, 'kan?

Berikut ini manfaat skipping bagi kesehatan tubuh:

1. Bakar kalori
Olahraga skipping efektif membakar kalori dalam tubuh dengan jumlah besar. Setiap kita skipping selama 30 menit, diperkirakan bisa membakar 450 kalori.

2. Cegah penyakit kardiovaskular [gangguan kesehatan pada jantung dan pembuluh darah]
Setiap lompatannya, diklaim dapat membuat jantung lebih kuat dan sehat. Skipping membuat darah terpompa, memberi oksigen, dan akan memberi nutrisi ke jaringan tubuh.

3. Mencegah osteoporosis
Melompat menguatkan struktur tulang seseorang. Osteoporosis juga mengancam usia muda. Dengan melakukan skipping sedini mungkin, risiko terkena osteoroposis akan mengecil.

4. Lebih fokus
Tak hanya menyehatkan tubuh, skipping juga dipercaya dapat membantu kita selalu fokus dalam menyelesaikan tugas atau permasalahan yang sedang dihadapi.

Lakukan di rumah setiap hari. Jika merasa berat melakukannya dalam waktu 30 menit sekaligus, ubah menjadi dua kali dalam sehari dengan durasi 15 menit setiap latihan. [][teks @pohanpow | foto dok. bbcif.com, watchfit.com]