}
Mata Berkedut Bukan Pertanda Ada yang Kangen
Health

Mata Berkedut Bukan Pertanda Ada yang Kangen

by Pohan
Mon, 30-Mar-2015

Selama ini mata kedutan dianggap sebagai pertanda akan terjadi sesuatu.

Jika mata kiri kedutan, artinya mau nangis. Atau bila kedutan di mata kanan, mitosnya ada yang kangen.

Mata berkedut datang dan pergi, biasanya terjadi sekali dalam hiitungan detik hingga menit bahkan bisa bertahan selama beberapa minggu atau bulan. 

Setelah membaca penyebab mata berkedut di bawah ini mungkin kita tidak perlu kuatir akan bersedih atau percaya diri bakal ada yang kangen:

Tekanan [stres]
Mata berkedut bisa menjadi salah satu tanda stres, terutama dengan masalah penglihatan seperti ketegangan mata. Mengurangi penyebab stres bisa membantu membuat mata berhenti bergerak-gerak.

Kelelahan
Kurang tidur entah karena stres atau alasan lain dapat memicu kejang pada kelopak mata. Tidur yang baik dan teratur bisa membantu mengurangi kedutan mata.

Ketegangan mata
Terlalu sering menggunakan komputer atau smartphone memicu kelopak mata berkedut hingga menganggu kesehatan mata. Dianjurkan periksa mata ke dokter mata apabila kelopak mata terus-menerus berkedut.
    
Kafein dan alkohol
Banyak ahli percaya bahwa mengonsumsi kafein atau alkohol berlebihan memicu mata berkedut.
    
Mata kering
Usia lanjut mengalami mata kering karena penuaan. Mata kering juga umum bagi orang-orang yang menggunakan komputer, mengonsumsi obat-obatan seperti antidepresan, dll, memakai lensa kontak, dan mengonsumsi kafein/alkohol. Lelah dan stres, juga bisa menyebabkan mata kering, lho.
    
Ketidakseimbangan gizi
Beberapa laporan mengungkapkan kekurangan zat gizi tertentu seperti magnesium dapat memicu kejang pada kelopak mata. Meskipun laporan ini tidak memiliki bukti ilmiah, hal ini menjadi kemungkinan mata berkedut.
    
Alergi
Orang yang terkena alergi mata mengalami gatal, bengkak, dan mata berair. Orang reflek mengucek saat mata gatal. Ketika mata dikucek akan mengeluarkan histamin yang memicu keluarnya airmata.

Mata berkedut, atau disebut myokymia, adalah kondisi idiopatik. Hal ini terjadi secara natural dan tidak ada kaitannya dengan penyakit apapun. Myokymia adalah sebuah kejang otot tidak sadar dalam otot kelopak mata bagian atas yang menyebabkan sensasi gugup.

Periksa ke dokter untuk diagnosis yang tepat jika mata berkedut mempengaruhi setengah wajah atau seluruh mata. Mata berkedut bisa juga akibat resep lensa kontak yang tidak tepat. [][teks @pohanpow/allaboutvision.com | foto dok. ezyhealth.com]