}
Berkelit dari Sembelit
Health

Berkelit dari Sembelit

by Pohan
Tue, 31-Mar-2015

Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan  tubuh manusia [atau mungkin juga pada hewan], biasanya karena pengerasan tinja berlebihan sehingga sulit dibuang atau dikeluarkan. Kondisi ini dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya.

Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Kalau obstipasi  parah, penderitanya akan mengalami penyakit  kanker usus yang fatal.

Tips untuk mengatasi keluhan sembelit, antara lain:

1. Cegah panas dalam
Salah satu penyebab sembelit adalah panas dalam. Untuk  mengatasinya, kurangi atau  hindari makanan minuman dengan rasa masam, ekstra pedas dan kaya lemak [gorengan].

2. Hidrasi
Minumlah air putih yang cukup, orang dewasa normal kurang lebih 8 gelas atau 2.5 liter per-hari atau disesuaikan dengan aktivitasnya. Jika perlu, bisa lebih dari ukuran minimal tersebut. Sebab proses pengeluaran sisa pencernaan makanan dalam usus membutuhkan cairan.

3. Kurangi asupan gula
Gula khususnya gula refinasi yang dikonsumsi sehari-hari tidak sepenuhnya baik untuk kesehatan apalagi jika dalam jumlah berlebihan. Salah satu solusi untuk mengurangi ketergantungan ‘rasa manis’ pada gula adalah menggantikannya dengan madu, royal jelly atau sari kurma asli.

4. Kurangi lemak hewani
Selama mengalami keluhan sembelit, ada baiknya mengurangi lemak hewani seperti: susu sapi atau daging merah, serta telur. Jika tidak mengimbanginya dengan asupan makanan kaya serat,  cukup minum air putih saja.

5. Hindari stres
Stres hampir tidak bisa dihindari di zaman modern seperti saat ini. Hal yang paling memungkinkan adalah mengelola stres tersebut menjadi ‘energi positif’ agar lebih bersemangat dan termotivasi. Bukan sebaliknya, menggerogoti kesehatan secara perlahan.

6. Olahraga
Olahraga yang sangat efektif untuk mengatasi sembelit adalah jogging atau lari-lari kecil secara rutin. Lakukan jogging pagi hari sebelum memulai aktivitas rutin. Ganti budaya malas dengan pola hidup lebih aktif. Kurangi duduk lama dengan sedikit gerak seperti menonton televisi dalam waktu lama.

7. Pola makan teratur
Mulailah untuk hidup lebih teratur dan sehat dari kebiasaan terkecil, seperti selalu meluangkan waktu saat pagi dengan sarapan meski harus diburu waktu. Selain itu, kurangi waktu ‘ngemil’ sebelum makan siang agar lebih optimal saat waktu makan siang. Juga, budayakan makan malam sesuai waktu, jangan  sampai terlalu malam.

8. Konsumsi vitamin C
Membantu tubuh menyerap Zat besi dalam makanan lebih efektif. Vitamin C yang direkomendasikan bersumber dari bahan-bahan alami seperti:  jeruk, asparagus, strawbery, tomat, dll, bukan dari minuman suplemen atau vitamin buatan.

9. Stop makanan instan dan frozen
Makanan instan termasuk menu cepat saji dan ‘frozen food’ merupakan jenis makanan olahan rendah serat dan nutrisi, serta banyak mengandung lemak. Mengonsumsi makanan tersebut sulit dicerna oleh usus dan lambung. Butuh energi ekstra karena makanan tersebut rendah serat dan cairan. [][teks @pohanpow/wikipedia, segar-bugar.tumblr.com | foto imgkid.com]