}
10 Makanan untuk Kesehatan Otak
Health

10 Makanan untuk Kesehatan Otak

by Pohan
Wed, 04-Nov-2015

Untuk menjaga kesehatan tubuh, kamu bisa berolahraga. Tapi, bagaimana dengan kesehatan otak? Sebuah rentetan penelitian telah menemukan senyawa antioksidan seperti: flavanols, polifenol, asam lemak omega-3, vitamin dan mineral [terutama, folat, vitamin E, dan vitamin B]. secara alami, bermacam senyawa itu terkandung dalam makanan, yang dapat membantu melindungi otak. Simak yuk 10 makanan yang baik untuk kesehatan otak kamu:

1. Salmon

Bisa dibilang, salmon memiliki protein berkualitas tertinggi untuk kesehatan otak. Salmon juga sumber lima nutrisi: magnesium, vitamin B, zink, vitamin D, dan kolin.

2. Kacang Kenari

Semua jenis kacang-kacangan baik untuk kesehatan otak, tapi kenari mendapatkan bintang terbanyak. Kenari mengandung asam amino esensial, mineral spektrum penuh, vitamin B, dan vitamin E, yang dikatakan bisa membantu mencegah penurunan fungsi kognitif.

3. Kacang

Menurut Ann Kulze, M.D, kacang baik untuk kesehatan otak namun paling kurang dihargai. Kacang padat nutrisi, pati glisemik yang rendah yang memberikan otak bahan bakar [glukosa]. Kacang juga mengandung magnesium, zink, serat, antioksidan, dan folat. Folat sangat penting untuk fungsi otak.

4. Beras Hitam

Semua biji-bijian yang utuh secara fisik adalah makanan yang fantastis untuk perlindungan otak secara keseluruhan. Beras hitam dikemas dengan serat, mineral, vitamin, dan antioksidan. Beras hitam mencegah berbagai penyakit, meningkatkan sistem ketahanan tubuh, detoksifikasi, dan mengembalikan fungsi organ maupun metabolisme tubuh.

5. Alpukat

Menurut penelitian dari Federation of American Societies of Experimental Biology,  alpukat kaya akan vitamin B untuk menghilangkan stres, yang kamu butuhkan untuk kesehatan saraf dan sel-sel otak. Lemak tinggi pada alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal atau lemah baik. Alpukat membantu menurunkan tekanan darah; dan lemak tak jenuh yang berguna bagi perkembangan syaraf pusat, otak dan fisik.

6. Blueberry

Buah berwarna merah, biru, atau warna ungu ini disebut-sebut sebagai "pabrik pigmen terbaik" untuk kesehatan otak. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, blueberry dikonsumsi untuk membalikkan tanda-tanda penuaan pada otak, membantu memperbaiki dan melindungi sel-sel, dan meningkatkan memori.

7. Dark Chocolate


Menurut studi di University of Nottingham, dark chocolate salah satu makanan yang terbukti bisa meningkatkan suasana hati. Dark chocolate juga terbukti menyehatkan  otak serta melawan kelelahan dan efek penuaan. Studi yang dilakukan di Wheeling Jesuit University, West Virginia menyebutkan bahwa dark chocolate dapat meningkatkan konsentrasi. Selain dark chocolate, coklat susu dan cokelat putih juga baik untuk otak.

8. Sayuran Hijau

Sayuran hijau gelap seperti bayam, kangkung, sawi, lobak Swiss, dan selada hijau meningkatkan gizi otak secara keseluruhan. Sayuran menyediakan spektrum penuh nutrisi pelindung termasuk dosis besar vitamin A dan C bersama dengan 18 nutrisi penting tambahan; mereka sangat rendah kalori [kerusakan kelebihan lemak tubuh otak], dan tanaman antioksidan yang tinggi.

9. Kunyit dan Kari

Rempah-rempah mengandung kurkumin yang dikenal karena sifat antitumor dan antioksidan. Kurkumin juga melindungi saraf, melindungi hati, dan lainnya. Kari dan kunyit mungkin rempah-rempah yang terbaik untuk kesehatan otak.

10. Biji Rami


Biji rami adalah salah satu makanan yang memiliki gizi paling lengkap. Biji yang menyediakan semua asam-termasuk lemak esensial dengan hit lemak yang besar, omega-3, vitamin B, vitamin D dan E, serta paket komprehensif mineral. Sebelum kamu bertanya, biji rami ini tidak mengandung THC [senyawa kimia yang terdapat dalam tanaman ganja]. [][teks @pohanpow/mensfitness.com | foto rd.com, maginton.com]