}
Manfaat Buah Berry
Health

Manfaat Buah Berry

by Pohan
Tue, 03-Nov-2015

Yang kamu tau mungkin Strawberry. Ternyata ada banyak jenis buah berry. Masing-masing memiliki manfaat kesehatan yang mengejutkan. Selain kaya akan vitamin, buah berry juga mencegah sederet penyakit serius seperti kanker. Inilah macam-macam buah berry:

1. Raspberry

Raspberry buah komposit, bukan berry yang sebenarnya dengan memadukan rasa manis dan asam. Buah ini memiliki manfaat kesehatan karena mengandung zat antioksidan, yang bisa mencegah penyakit kanker. Raspberry juga sumber serat yang baik.

2. Wineberry

Wineberry adalah jenis raspberry yang berasal dari Cina, Jepang, dan Korea. Faedahnya bisa melawan kerusakan sel yang menyebabkan beberapa jenis kanker. Buah ini bisa digunakan untuk salad buah, saus, selai, dan makanan penutup.

3. Cloudberry

Cloudberry kaya vitamin C dan bisa digunakan sebagai pengawet karena kandungan asam benzoatnya. Di Finlandia, orang makan cloudberry dengan gula dan keju. Beberapa orang Swedia menggunakan cloudberry sebagai topping es krim.

4. Blackberry

Mudah untuk menemukan Blackberry karena pertumbuhannya menyebar luas. Blackberry berguna untuk mencegah kanker, penyakit jantung, dan stroke. Praktisi pengobatan herbal menggunakan daun blackberry untuk mengobati peradangan tenggorokan dan diare.

5. Huckleberry

Beberapa orang menggunakan istilah huckleberry untuk menggambarkan tanaman milik keluarga Ericaceae. Huckleberry adalah sumber antioksidan yang baik. Buah ini cocok untuk diet yang bertujuan mencegah kanker atau kondisi lain yang terkait dengan kerusakan sel.

6. Bilberry

Buah ini populer di Swedia dan Finlandia daripada di Amerika Serikat. Bilberry mengandung anthocyanides, yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah, memperbaiki penglihatan, mengurangi peradangan, dan menstabilkan ligamen, tulang rawan, dan tendon.

7. Barberry

Barberry tumbuh di sekitar 500 spesies semak. Semak ini memiliki tunas berduri dan tumbuh hingga 5 meter. Praktisi di India memanfaatkan buah ini sebagai pengobatan tradisional yang digunakan untuk masalah pencernaan, menurunkan demam, dan meningkatkan nafsu makan.

8. Blueberry

Blueberry adalah salah satu buah yang paling terkenal di Amerika Serikat. Berry ini milik genus yang sama seperti bilberry dan cranberry. Blueberry mengandung banyak vitamin C dan serat jumlah besar dalam setiap porsinya. Buah ini juga mengandung antioksidan dan mangan.

9. Gooseberry

Gooseberry adalah berry yang sangat terkenal, tetapi orang tidak banyak tahu tentang buah ini. Buah yang dihasilkan oleh semak liar gooseberry menghasilkan rasa intens yang membuat berry cocok untuk kue, selai, jeli dan makanan lainnya. Berry ini juga mengandung zat yang membantu menurunkan kolesterol serta memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan beberapa vitamin B tingkat tinggi.

10. Mulberry

Tidak semua orang menyukai rasa Mulberry, tetapi semaknya bisa dijadikan tanaman hias yang indah. Mulberry hitam ditemukan di Asia Barat Daya, biasanya memiliki rasa terbaik. Sementara Mulberry merah asli Amerika Utara, juga menghasilkan rasa yang baik. Mulberry mengandung resveratrol atau zat yang dapat melawan kanker atau membantu mencegah kanker.

11. Nannyberry