}
Selamat dari Keracunan Makanan
Health

Selamat dari Keracunan Makanan

by Yogira
Fri, 13-Nov-2015

Keracunan makanan memang bikin panik. Wajah pucat, kepala pening, sakit perut, dan dibarengi muntah-muntah adalah tanda-tandanya.

Tentu siapapun nggak mau dong kondisi semakin parah kala tubuh keracunan makanan. Nah, berikut adalah informasi seputar keracunan makanan dan cara  pencegahannya.

Faktor Penyebab

Orang yang keracunan biasanya karena makanan/minuman yang masuk ke dalam perutnya sudah terkontaminasi oleh zat atau bakteri, yakni:

1. Mikroba

Jenis-jenis mikroba yang bisa meracuni makanan adalah: Staphilococus aureus, Escherichia coli patogen, Staphilococus aureus, Salmonella, Streptokokus, dan Clostridium Botulisme.

2. Toksin

Jenis makanan yang rentan terkenan toksin sehingga jadi beracun adalah: bayam, kerang, tempe, dan jamur. Karena itulah, makanan ini harus-benar-benar matang saat dimasak.

3. Bahan Kimia

Pestisida pembasmi hama, organik sulfat, dan karbonat adalah bahan kimia yang mudah tercampur pada makanan/minuman. Jadi, hati-hatilah.

Gejala Keracunan Makanan

Sesak napas, sakit perut mual, diare, dan muntah-muntah adalah gejala bahwa orang keracunan makanan. Kalau diklasifikasikan gejalanya terbagi tiga, yakni:

1. Keracunan Ringan

Tanda orang yang keracunan ringan biasanya sakit kepala, tubuh merasa lemas, dan kehilangan napsu makan.

2. Keracunan Sedang

Gejala awalnya adalah muntah-muntah, kejang, dan kram perut.

3. Keracunan Berat

Gejalanya yang harus diwaspadai adalah: diare, sesak nafas, bahkan bisa dalam kondisi koma.

Cara Selamat dari Keracunan Makanan

Sebelum harus mendapatkan perawatan dari tim medis, pertolongan pertama kepada orang keracunan wajib dilakukan, dengan berbagai cara, yakni:

1. Minum Air Putih

Minum air putih sebanyak-banyaknya adalah cara sederhana untuk mengeluarkan racun pada tubuh. Air putih juga bisa melancarkan peredaran darah yang terganggu zat beracun.

2. Minum Teh Campur Madu

Air teh pepermint, yang dicampur daun kemangi dan beberapa tetes madu bagus juga untuk menyembuhkan infeksi pada perut yang terkena racun.

3. Minum Jahe Campur Madu

Raciklah ramuan jahe dan sesendok madu menjadi minuman untuk meredakan peradangan pada perut.

4. Minum Jus Lemon

Meminum 3-4 jus lemon ditambah garam bisa mengatasi keracunan makanan karena lemon mengandung zat asam yang efektif untuk menghilangkan racun.

5. Makan Buah Pisang dan Apel

Nah, dua makanan ini mengandung enzim yang dapat menghambat perkembangan bakteri sebagai penyebab keracunan makanan. [][teks @firza/viminim.blogspot.com | foto testtube.com, medicmagic.net]