}
Kiat Hadapi Musim Pancaroba
Health

Kiat Hadapi Musim Pancaroba

by Sherra
Fri, 13-Nov-2015

Musim pancaroba adalah masa peralihan musim penghujan terhadap musim kemarau. Tadinya panas terik, lalu tiba-tiba hujan lebat. Nah, karena itu temperatur udara pun berubah secara tiba-tiba.

Pada peralihan cuaca inilah tubuh memerlukan imunitas yang tinggi karena tubuh bekerja keras untuk menyesuaikan dengan temperatur yang berubah-ubah. Saat imunitas berkurang, biasanya penyakit-penyakit musim pancaroba menghantui, seperti: flu, batuk, diare, tifus, dan lain-lain.

Kekebalan tubuh tiap orang memang beda-beda, tapi nggak ada salahnya biar tubuh tetap fit, beberapa kiat berikut bisa dilakukan nih Commuters..

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Konsumsilah asupan makanan yang bergizi supaya tubuh tetap sehat, misalnya makan yang mengandung zat karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Perbanyaklah makan buah-buahan dan sayuran.

2. Istirahat yang Cukup

Kurang istirahat bisa menurunkan sistem imun lho. Makanya, usahakanlah tidur secukupnya agar  mengembalikan energi setelah beraktivitas.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga bisa menjaga tubuh tetap bugar. Lakukan olahraga minimal 2 kali seminggu, entah itu jogging, bersepeda, senam atau sekedar berjalan kaki.

4. Konsumsi Suplemen

Kadang tubuh memerlukan tambahan suplemen supaya memenuhi kebutuhan gizi. Misalnya, suplemen yang mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B12, dan vitamin C. Suplemen juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh selama musim pancaroba. Pilihlah suplemen yang tepat untuk tubuh.

5. Minum Air Putih

Konsumsilah air putih yang cukup. Jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Sebaiknya minum air bersuhu normal ya karena air dingin bisa menurunkan daya tahan tubuh.

6. Kelola Stres

Stres memang menghantui dan berdampak negatif buat tubuh, misalnya nafsu makan berkurang dan sulit tidur. Duh, itu cuma bikin penyakit. So, hiburlah diri biar stres berkurang.

7. Jaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

  • Jagalah selalu kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Hati-hati, jangan jajan sembarangan karena kebersihannya nggak terjamin.
  • Jaga selalu kebersihan badan dengan mandi minimal 2 kali sehari, mencuci tangan sebelum makan, dan lain-lain.
  • Bersihkan dan rapikan lingkungan untuk mencegah sarang nyamuk, kecoa, dan lalat serta munculnya bibit-bibit penyakit.

8. Pakai Masker saat Berpergian

Penyebaran virus paling rentan adalah lewat udara. Oleh karena itu, gunakanlah masker bila berpergian.

Yuk jaga kesehatan! Karena sakit itu nggak enaaak. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto pexels/ flickr]