}
Cara Selamat dari Asam Urat
Health

Cara Selamat dari Asam Urat

by Pandu
Wed, 01-Apr-2015

Terserang asam urat bukan akhir dari segalanya. Rasa sakitnya masih bisa diredam kok. Syaratnya, jaga asupan makanan dan berolahraga.

Asam urat bukan penyakit yang timbul karena faktor umur, melainkan karena pola makan yang nggak karuan. Akibatnya, kolesterol dalam tubuh meningkat.

Jadi kalau kamu nggak mau kena atau kambuh asam uratnya, sebaiknya mulai hindari makanan ini deh:

Seafood, kambing, dan bebek - Biarpun enak, makanan laut punya kadar kolesterol yang tinggi lho. Begitu juga daging kambing dan bebek. Katakan tidak!

Jeroan, kornet, dan abon - Beuh kalau udah digoreng, tiga makanan tersebut gurih banget. Sering bikin pengin nambah terus. Dari situlah timbul asam urat.

Sayuran - Meski baik untuk tubuh, beberapa ada juga yang menyumbat aliran darah, misal: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, dan kangkung.

Kacang-kacangan - Selain sayuran tadi, hindari juga jenis kacang-kacangan, seperti: kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, dan emping.

Gorengan! - Ini adalah ujian utama ketika bulan puasa. Buka puasa dengan gorengan sama saja memicu penyakit asam urat.

Santan olahan - Jika nggak dimasak, sebenarnya santan baik bagi tubuh. Tapi jika dimasak, asam lemak berubah jaadi lemak jahat yang berkolesterol. [][teks @HaabibOnta | foto wcfoot.com]