}
Minyak Zaitun bagi Kesehatan
Health

Minyak Zaitun bagi Kesehatan

by Pohan
Tue, 17-Nov-2015

Selama berabad-abad, minyak zaitun digunakan untuk melembapkan kulit. Tidak hanya kecantikan, minyak zaitun juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Apa saja? Simak langsung di bawah ini:

1. Kanker

Kandungan phytonutrisi dalam minyak zaitun, oleocanthal memiliki efek sejajar dengan ibuprofen dalam mengurangi peradangan, yang dapat mengurangi risiko kanker payudara. Salah satu komponen minyak zaitun lainnya, squalene dan lignan masih dalam penelitian adapun manfaatnya pada penyakit kanker.

2. Penyakit Jantung

Minyak zaitun bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang berperan dalam mencegah dan mengobati penyakit jantung.

3. Stres Oksidatif

Minyak zaitun kaya akan antioksidan, khususnya vitamin E yang bisa mengurangi risiko kanker. Di antara minyak yang tetumbuhan, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang tidak teroksidasi dalam tubuh. 

4. Tekanan Darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah, baik sistolik maupun diastolik.

5. Diabetes

Minyak zaitun adalah minyak yang kaya akan asam oleat, asam palmeat, flavanoid dan juga antioksidan seperti vitamin E, karotenoid serta oleuropein. Oleuropein inilah yang akan membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol baik [HDL] dan juga menurunkan kadar kolesterol buruk [LDL].

6. Kegemukan

Meskipun tinggi kalori, minyak zaitun terbukti membantu mengurangi tingkat obesitas.

7. Radang Sendi

Meskipun belum diketahui alasan yang jelas, minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari terjadinya rheumatoid arthritis [peradangan kronis pada sendi].

8. Osteoporosis

Minyak zaitun bisa memperbaiki proses mineralisasi dan pengerasan tulang. Ini membantu penyerapan kalsium dan memainkan peran penting dalam mencegah terjadinya osteoporosis. [][teks @pohanpow/oliveoiltimes.com | foto berbagai sumber]