}
Mencegah Masalah Pencernaan
Health

Mencegah Masalah Pencernaan

by Pohan
Sun, 22-Nov-2015

Sistem pencernaan penting untuk membantu tubuhmu menguraikan makanan agar mendapatkan nutrisi dan vitamin, sekaligus menyingkirkan sampah. Organ-organ pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, hati, perut, kandung empedu, usus kecil dan besar, pankreas, anus, dan rektum. Ketika sistem pencernaan terganggu, gejala yang kamu alami tentu tidak nyaman.

Beberapa masalah pencernaan yang cukup serius menurut seorang spesialis terkait dengan gaya hidup. Masalah pencernaan yang paling umum termasuk sembelit, diare, gas, asam lambung, mual dan muntah, usus kejang. Ketahuilah hal-hal di bawah ini untuk mencegah masalah pencernaan:

1. Makan Lebih Sering

Masalah pencernaan datang ketika kamu malas makan. Tapi kamu jangan pula sampai makan berlebihan. Mengkonsumsi cemilan sehat 5-6 kali dalam sehari dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Pastikan makanan yang kamu konsumsi mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Contohnya, selai kacang pada kerupuk gandum, sandwich tuna, atau yogurt dengan buah. Hindari berbaring atau tiduran setelah makan. Hal ini meningkatkan risiko mulas dan mual.

2. Makanan yang Berserat

Makanan yang mengandung serat dapat menurunkan berat badan dan baik bagi kesehatan jantung. Mayo Clinic merekomendasikan total asupan serat harian 38 gram untuk pria di bawah 50 tahun, dan 25 gram untuk wanita di kelompok usia yang sama. Orang dewasa di atas 50 harus sedikit kurang serat, dengan 30 gram per hari untuk pria dan 21 gram untuk wanita.

Apabila kamu cukup serat, itu bisa membantu mencegah masalah pencernaan. Serat alami buah-buahan, sayur-sayuran, kacang [buncis dsbnya], kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Minum Air Putih

Sangat dianjurkan minum air putih 8 gelas sehari. Minum air putih bisa mencegah sembelit karena air membantu melunakkan tinja. Air juga membantu sistem pencernaan menyerap nutrisi lebih efektif dengan membantu tubuh memecah makanan.

4. Periksa ke Dokter

Ketika gagal mencegah masalah pencernaan, saatnya kamu periksa ke dokter. Biasanya masalah ini ditandai dengan gejala sakit perut yang parah, tinja berdarah, atau penurunan berat badan yang tidak disengaja. Di antara penyakit yang berkaitan dengan masalah pencernaan, antara lain:  asam lambung, penyakit coeliac, radang usus besar, penyakit crohn atau radang usus, batu empedu, sindrom iritasi usus besar [IBS], dan infeksi virus atau parasit yang parah. [][teks @pohanpow/healthline.com | foto berbagai sumber]